Warga SMA PGRI 2 Denpasar Lakukan Hening Cipta Di Hari Pahlawan Puputan Margarana

oleh -154 views

DENPASAR BALI, Target Nusa.Com –
Hari ini Senin 20 November 2023 di SMA PGRI 2 Denpasar ada sesuatu yang tidak seperti biasanya. Pasalnya pada hari Senin warga SMA PGRI 2 Denpasar melakukan hening cipta selama 30 menit.

Mengheningkan cipta ini dilakukan secara berbarengan oleh seluruh warga SMA PGRI 2 Denpasar yang dipimpin langlsung oleh I Komang Arta Saputra selaku Kepala SMA PGRI 2 Denpasar.

Bagi siswa melakukan hening cipta dilakukan disetiap kelas dan dipimpin oleh guru mapel dan dimulai dengan bunyi sirine pertanda berdo’a dimulai dan diakhiri dengan bunyi petasan.

Demikian keterangan Kepala SMA PGRI 2 Denpasar seusai memimpin hening cipta Senin (20/11/2023).

“Hining cipta yang kami lakukan di satuan pendidikan ini adalah suatu penanaman nilai-nilai perjuangan daripada para pendahulu kita,” terangnya.

Dan Hari Pahlawan Puputan Margarana ini dilakukan setiap tanggal 20 November setiap tahunnya.

Menurut Komang Arta Saputra hal ini harus dilakukan di setiap satuan pendidikan agar siswa selalu mengenang dan nilai – nilai perjuangan pembebasan Indonesia terlebih pembebasan bali dari penjajah yang dipimpin oleh Letnan Kolonel (Letkol) I Gusti Ngurah Rai melawan Belanda di Bali untuk mempertahankan kemerdekaan.

Pertempuran Puputan Margarana merupakan salah satu pertempuran antara Indonesia dan Belanda dalam masa Perang kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 20 November 1946.

I Komang Arta Saputra selaku Kepala SMA PGRI 2 Denpasar berharap dengan apa dilakukan saat ini dapat memberikan inspirasi, dapat menjadikan pendidikan yang baik bagi anak – anak dan tidak lupa dengan sejarah. (Red/TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.