Akibat Gempa, 90 Persen Rumah di Montong Dauh Luluh Lantak

oleh -351 views

TARGETNUSA.COM – Bencana gempa yang terjadi di Lombok menyisakan duka yang sangat mendalam bagi para korban. Gempa yang terus menerus menggoyang Lombok, membuat hampir 90 persen bangunan luluh lantak, terutama di 2 dusun yang ada di desa Teratak yakni dusun Montong Dauh dan dusun Kluncing, Kecamatan Batu Kliang Utara, Lombok Tengah.

Warga terpaksa harus hidup di tenda-tenda yang mereka buat sendiri dari terpal di sekitar lingkungan bekas rumah mereka yang sudah rata dengan tanah.

Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Bali melakukan penggalangan logistik untuk korban gempa di Lombok. Penyerahan bantuan logistik dilakukan langsung oleh Tim Liputan Kemanusiaan IMO Bali, Sabtu (25/8/2018).

Andi Lala Merti yang merupakan Kepala Dusun Montong Dauh menjelaskan, korban bencana yang mencapai 500 kepala keluarga, tidak berada dalam satu tempat pengungsian. Para warga memilih menjaga harta mereka yang masih tersisa dengan mendirikan tenda di areal bekas rumah mereka yang telah rubuh.

“Warga tidak berani meninggalkan rumahnya sementara masih ada harta benda yang harus mereka jaga,” jelas Andi Lala Merti.

Sementara, Kepala Desa Teratak Mohamad Ipkan memprediksi akan membutuhkan waktu lama untuk pemulihan. Di sisi lain, logistik yang tersedia semakin lama akan semakin menipis. Dirinya berharap pemerintah segera mengatasi hal itu.

“Disini kalau malam suhunya mencapai 17 derajat. Sedangkan disini ada ratusan anak yang butuh terpal maupun selimut,” terang Ipkan.

Andi juga mengatakan, banyaknya isu dan kabar bohong yang beredar membuat warga merasa cemas. Karena itu, pihaknya menyarankan agar warga untuk sementara tidak berada di dalam rumah.

“Untuk rumah-rumah yang masih berdiri kita tidak berani menempati, dikhawatirkan masih akan terjadi gempa susulan dan rumah itu rubuh,” ujar Andi.

Pihaknya masih menunggu pakar konstruksi bangunan terkait kondisi bangunan yang setengah rusak. “Apakah masih bisa ditinggali atau dirubuhkan,” tambah Andi.

Alasan itu, juga membuat warga merasa cemas dengan situasi yang berkembang. Meski pihaknya selalu menghimbau agar warga tidak mempercayai isu tersebut. (TARGET)