SMKN 3 Tabanan Menjadikan SMK Pusat Keunggulan

oleh -73 views

TABANAN – BALI
SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, industri, dan dunia kerja.

Pemerintah Indonesia melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17/M/2021 tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, menjadikan lulusan SMK siap dan mampu bersinergi dengan dunia kerja.

Seperti halnya SMKN 3 Tabanan, saat ini sedang melaksanakan Program Pusat Keunggulan sejak tahu 2021 sudah melaksanakan PK TJKT. Namun ditahun 2022 SLOP PK TJKT sudah tidak ada dan beralih ke Pusat Keunggulan Kuliner.

“Namun TJKT tetap melaksanakan Program Pusat Keunggulan. Yang mana kurikulumnya menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar”, kata Kepala SMKN 3 Tabanan. Dewa Made Wardika Yusna M.Pd., Rabu (14/9/2022).

Saat ini SMKN 3 Tabanan dapat bantuan dari SMK PK Skema Lanjutan untuk dapat terlaksanakannya Program Pusat Keunggulan dan pengembangan serta meningkatkan kompetensi guru.

“Jadi bantuan tersebut kami upayakan untuk pengembangan dan meningkatkan kompetensi guru”, tuturnya

Dewa Made Wardika Yusna selaku Kepala SMKN 3 Tabanan berharap sekolahnya menjadi SMK Pusat Keunggulan.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Kurikulum Pembelajaran SMK Provinsi Bali, I Gede Agus Rai, saat memberikan sosialisasi terkait Implementasi Pembelajaran Kurikulim Merdeka di kesatuan pendidikan
SMKN 3 Tabanan.

“Tujuan sosialisasi ini, agar SMKN 3 Tabanan yang sudah menyelenggarakan SMK PK harus sudah menggunakan kurikulum merdeka”, ucapnya.

Dalam hal ini SMK 3 Tabanan harus melaksanakan kurikulum merdeka berbagi. “Jadi bagaimana proses pelaksanaan pembelajarannya sudah Link And Match dengan dunia usaha dan industri”, pungkasnya, sembari menyampaikan intinya SMK PK harus Link and Metch. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.