Tidak Ada Persiapan Khusus Dalam Akreditasi SMAN 1 Petang

oleh -90 views

BADUNG – BALI
Kondisi masyarakat SMAN 1 Petang kemurnianya sangat tinggi, jadi kalau dari awal sudah baik tetap akan baik tinggal dipoles sedikit aja sudah jadi.

Kata Kepala SMAN 1 Petang, I Wayan Sucipta. S.Pd., yang baru bertugas sebagai kepala sekolah di SMAN 1 Petang pada bulan Maret 2021 lalu, sebelumnya ia bertugas di SMAN 7 Denpasar menjabat sebagai Wakasek kurikulum.

Terkait visitasi Akreditasi dari BAN, Wayan Sucipta menjelaskan kalau sekolah tempatnya bertugas yang sekarang ini, di akreditasi enam tahun lalu, dengan skor nilai 92 katagori sangat baik.

“Sekarang ada akreditasi, kali ini berharap kalau tidak tetap dengan nilai 92 paling tidak bisa naik”, terang Suciota, Rabu, 31/08/2022

Akreditasi sebenarnya kegiatan setiap 5 tahun, namun setiap bulan Desember selalu dilakukan Akreditasi, namanya Akreditasi mandiri yang dinilai oleh pengawas yang bernama Penilaian Kinerja Kepala Sekolah.

“Jadi dalam hal ini kami sudah terbiasa tidak lagi kebingungan, tinggal jalani aja”, ucapnya.

Lebih lanjut kata Kepala SMAN 1 Petang, Kalau mau dilakukan dengan baik setiap bulan Desember maka tidak ada masalah dengan kesiapan Akreditasi selanjutnya karena sudah pakemnya.

Untuk penilainya sendiri ada 4 komponen yang menjadi penilaian diantaranya mutu lulusan, mutu guru, mutu management dan mutu sekolah dalam proses pembelajaran.

“Begitu pula supervisi untuk guru mesti terus ditingkatkan dan itu dilakukan dengan humanis sesuai kesadaran para guru itu sendiri”, lanjutnya.

Supervisi sendiri dikakukan 2 kali dalam setahun sebagai pembelajaran bagi guru.

Sucipta juga menambahkan di SMAN 1 Petang ada masalah, yaitu kekurangan ruang kelas, bersyukur sekarang sudah ada bantuan gedung dari pemerintah.

“Kami dapat bantuan gedung sekolah 6 kelas dari pemerintah provinsi Bali dan Pusat”, pungkas Sucipta sambil berucap syukur dan berdo’a, semoga dalam waktu dekat bisa selesai.

Mengenai guru yang belum sertifikasi maka perlu ditingkatkan, sedang kalau mutu lulusan cukup baik.

Disiplin siswapun cukup bagus kalaupun dulunya setelah pandemi ada siswa telat karena peralihan dari sistim daring ke sistim tatap muka.

Disinggung terkait prestasi, Wayan Sucipta selaku Kepala SMAN 1 Petang, mengatakan sekarang lagi persiapan satu orang siswa mengikuti traning center (TC) untuk keluar negeri dibidang Kriket, kejuaraan balap sepeda di Banyuwangi mendapat juara 1.

“Karena prestasi juga menjadi penilaian dalam Akreditasi”, sebut Sucipta.

“Akreditasi kali ini sepertinya nilainya bisa naik karena dari data apa yang diminta asesor bisa dipenuhi sebagai syarat dalam Akreditasi tapi kita tunggu hasilnya setelah nilai turun ” jelas Sucipta. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.