Desa Air Kuning Siap Kembangkan Potensi Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

oleh -259 views

Jembrana, Bali –
“Petik Laut” itulah kalimat yang ramai dibicarakan masyarakat Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana saat ini.

Syukuran Petik Laut yang artinya rasa bersyukur kepada Tuhan Sang Pencipta
atas berkah rahmatNya yang telah memberikan rejeki bagi para nelayan berupa hasil laut seperti ikan dan hasil laut lainya selama satu tahun.

Demikian kata Perbekel (Kepala Desa) Air Kuning, Syamsudin ketika ditemui di kantornya Jum’at (15/7/2022).

“Didesa kami ada lima banjar dan masyarakat kami mayoritas bekerja sebagai nelayan”, tuturnya.

Syukuran Petik Laut sudah menjadi tradisi tahunan bagi warga masyakat pesisir Air Kuning, dan tradisi tersebut merupakan budaya dari leluhurnya yang dilakukan sampai saat ini.

“Petik lau sendiri dilakukan pada bulan Suro dan masyarakat melakukan urunan untuk melakukan ritual, biasanya masyakat memotong sapi untuk dimasak dan dimakan bersama”, ungkap Syamsudin.

Selain itu lanjut Syamsudin, biasanya rangkai dengan balap jukung, hiburan seni tari dan lain sebagainya.

“Untuk tahun ini Kami ingin balap jukung bisa diadakan lebih besar lagi dengan mengundang peserta balap jukung atau nelayan diluar desa Air Kuning ,” terangnya

Acara Petik Laut ini diharapkan sebagai daya tarik wisata yang akan dikolaborasikan dengan wisata kuliner dengan masakan khas desa Air Kuning, dengan cita rasa tidak kalah bersaing karena bahan utama dari ikan segar langsung dari nelayan.

“Tujuan Petik Laut dikemas dengan kolaborasi agar bisa memberi lapangan pekerjaan kepada masyarakat serta mampu menumbuhkan UMKM”, kata Syamsudin.

Sekarang ini Pemerintah Desa Air Kuning sedang berusaha membuat tempat angkringan di pantai dimana masyarakat bisa berjualan makanan dan minuman dengan tujuan membantu mendongkrak pendapatan nasyarakat selaian sebagai nelayan,

“Kami berharap kepada masyarakat Air Kuning ikut mendukung program ini untuk kepentingan bersama ,” uapnya

Syamsyudin selaku pemerintah desa besrta masyarakat Desa Air Kuning juga berharap kepada Bupati Jembrana untuk mensupport program kerja kami.

“Hal ini untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat tentunya dengan potensi yang ada didesa Air Kuning”, harapnya. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.