Undang Kak Seto, Ny. Putri Koster Gelorakan Gerakan Dongeng untuk Didik Anak Usia Dini

oleh -138 views

Denpasar, Bali –
Dalam upaya menggelorakan kembali gerakan mendongeng bagi anak usia dini guna menanamkan pendidikan karakter, Bunda PAUD Provinsi Bali Ny. Putri Koster mengundang Psikolog Anak ternama di Indonesia yaitu Kak Seto Mulyadi sebagai salah satu narasumber.

Acara tersebut mengambil tema Mencegah Kecanduan Medsos Pada Anak Dengan Mendongeng.

Keguatan diselenggarakan secara Hybrid bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama-Kantor Gubernur Bali, Sabtu (15/1/2022).

Ny. Putri Koster yang akrab disapa Bunda Putri menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kesediaan Kak Seto datang ke Bali untuk berbagai ilmu khususnya ilmu mendongeng sehingga anak-anak menjadi tertarik mendengarkan dongeng dari para orang tuanya.

Di zaman teknologi yang serba canggih seperti saat ini, lanjut Bunda Putri, tidak menutup kemungkinan bagi para orang tua untuk tidak mengenalkan gadget kepada anak.

“Namun, penggunaan gadget juga harus dibatasi”, sebut Bunda Putri.

Salah satunya dengan cara memperkenalkan dongeng dan beberapa aktifitas menarik lainnya, sehingga anak tidak kecanduan terhadap gadget.

Bunda Putri berharap, dengan kehadiran Kak Seto di Bali, dapat menjadi bekal ilmu bagi para Bunda PAUD, para guru dan orang tua yang ada di Bali.

Menanggapi yang disampaikan Bunda Putri, Psikolog Anak Kak Seto Mulyadi mendukung dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bunda Paud Provinsi Bali.

Di era kekinian tradisi mendongeng perlahan mulai tergeser dengan serbuan jenis gadget dan konten permainan digital.

“Padahal mendongeng jadi rutinitas menyenangkan yang membentuk hubungan ibu dan anak secara fisik”, papar Kak Seto.

Dongeng dipandang penting bagi pertumbuhan dan karakter anak, sebab jadi metode yang baik untuk menyampaikan nilai moral dan budaya pada anak sejak dini tanpa menghakimi.

Di samping itu, lanjut Kak Seto, dunia anak adalah dunia bermain, semua anak di seluruh dunia senang mendengarkan dongeng.

“Dongeng ini juga bagian dari pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas, kecerdasan sosial dan emosional serta komunikasi anak”, lanjutnya.

Kak Seto yang dikenal dengan boneka Si Komo tersebut, mendorong para orang tua untuk mendongeng pada anak-anaknya.

“Mendongeng juga dapat menjalin komunikasi pada anak”, kata Kak Seto.

Orang tua pun belajar banyak melalui dongeng. Sebab, pada saat mendongeng, anak akan mengajukan pertanyaan dan orang tua harus bisa menjawab pertanyaan itu. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.