Satgas TMMD Tinggal Bersama Orang Tua Asuh Di Perumahan Warga

TARGETNUSA.COM, Semarapura-Bali || Ciri khas Prajurit TNI untuk mendekatkan diri dan saling mengenal dengan  masyarakat saat pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Reguler Ke 105 Tahun Anggaran 2019 yaitu tinggal dan mengolah logistik makanan di rumah warga yang disebut sebagai orang tua asuh.

Sesuai kebijakan Pimpinan TNI, bahwasannya tidak ingin membuat batas atau jarak antara Personel Satgas TMMD dengan warga masyarakat terutama di desa yang menjadi sasaran TMMD.

Dalam penjelasnya Pasiter Kodim 1610/Klungkung Kapten Inf I Nyoman Tunggu, mengatakan, Personel Satgas TMMD Reguler Ke 105 Kodim 1610/Klungkung selama pelaksanaan program TMMD ini akan tinggal dan makan di rumah warga yang mana uang lauk pauk atau ULP mereka diserahkan kepada orang tua asuh.

“Dengan demikian harapannya dengan  kehadiran mereka tidak memberatkan warga sebagai orang tua asuh  yang ditempatinya”, ungkap Pasiter di sela-sela pelaksanaan kegiatan Pra TMMD di Desa Nyanglan, Sabtu (29/06)

Lebih lanjut dikatakan,  setiap harinya, para orang tua asuh tersebut akan membantu memasakan makanan para Personel Satgas yang tinggal di rumah warga, menghidangkan dan makan bersama.

Semua ini adalah dalam mewujudkan kebersamaan dan kekeluargaan dan tentunya ini juga sebagai sikap saling membantu.
Satgas TMMD dapat fokus bersama warga lainnya membangun desa mereka melalui program TMMD ini sementara untuk urusan logistik makan sudah disiapkan para orang tua asuh.

Salah seorang warga Desa Nyanglan yang menjadi orang tua asuh, Jero Mangku Pande Antara yang juga menjabat Kepala Dusun di Desa Nyanglan mengatakan, rencananya rumahnya akan ditempati Personel Satgas TMMD selama pelaksanaan TMMD di desanya.

“Saya merasa senang dan tidak keberatan dengan rencana tersebut, malah kehadiran mereka disini menambah uang balanja istri saya, kami sekeluarga bisa makan bareng Prajurit Satgas,  jadi makan lebih enak”, ungkap Jero Mangku Pande Antara kepada Pasiter Kapten Inf I Nyoman Tunggu sambil menikmati kopi yang disugguhkan oleh tuan rumah.

Menurutnya, apa yang dilakukan Satgas TMMD tersebut tak sebanding dengan tugas yang dilakukan para Prajurit TNI untuk membangun desa mereka melalui program TMMD kali ini.

Para ibu asuh sangat  ikhlas dan senang setiap harinya bisa memasak dan menyediakan kebutuhan makan untuk anggota Satgas.

Dirinya juga mengatakan, anggota Satgas TMMD Kodim 1610/Klungkung  yang nantinya akan tinggal dan logistik makannya dimasak di rumahnya, sudah kami anggap seperti keluarga sendiri. Bahkan kami juga akan menyiapkan makanan kecil seperti gorengan atau camilan dan kopi ke lokasi pekerjaan.

Kedekatan antara anggota Satgas TMMD dengan warga itu akan menunjukkan kegiatan TMMD Reguler Ke 105 ini diterima dan disambut gembira oleh warga masyarakat Desa Nyanglan, Banjarangkan Klungkung.

Ini menunjukan TNI selalu mencintai dan dicintai rakyat. TNI akan terus mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat yang semakin kokoh dan kuat yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan masyarakat. Semoga semuanya berjalan aman dan lancar, TMMD kali ini berlangsung sukses. (TN/Ash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *