Koster Komitmen Akan Menanta Situs Kebo Iwa Di Tabanan

oleh -5 views

TargetNusa.Com РCalon Gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster berkomitmen menata situs Kebo Iwa yang terletak di Desa Pakraman Bedha, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. Koster tahu ada situs Kebo Iwa setelah diberitahu oleh kader senior PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. 

“Tadi saya diberitahu Ibu Eka Wiryastuti kalau di sini ada situs Kebo Iwa. Tentu Kebo Iwa merupakan bagian dari sejarah kita. Maka, sudah sepantasnya perjuangannya harus dilanjutkan dan simbol-simbolnya, identitasnya harus kita jaga,” kata Koster di sela membuka Festival Kompetisi Barong se-Bali (KBS), Jumat 18 Mei 2018.

Kepada Koster, Eka Wiryastuti meminta agar dibuatkan patung Kebo Iwa sebagai penanda keberadaan jejak Kebo Iwa di Tabanan. Koster pun menyetujuinya.

“Ada ide membuatkan patung Kebo Iwa di sebelah barat sungai, saya sangat mendukung. Astuksra saya jadi gubrrnur saya akan alokasikan dari APBD. Ini merupakan bagian dari sejarah kita,” ujarnya.

Tak hanya sekadar membangun patung Kebo Iwa, Koster berjanji akan menata kawasan situs tersebut secara keseluruhan agar menjadi destinasi wisata yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Ini napak tilas yang harus kita warisi kepada generasi muda kita. Nanti saya akan tinjau pada saatnya. Tidak hanya membangun patung Kebo Iwa, tetapi juga kawasan dengan tamannya yang indah agar jadi destinasi wisata,” papar dia.

Penataan kawasan itu diharapkan tak hanya sekedar memperhatikan nilai sejarah, tradisi, seni dan budaya Bali, tetapi juga diharapkan mampu mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

“Tidak hanya nilai sejarah, tapi juga seni dan budaya, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” demikian Koster.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *