Gerakan Pengendalian OPT Tikus Untuk Pengamanan Produksi Padi

TargetNusa.Com, Semarapura Klungkung Bali – Bertempat di Subak Aan Dangin Desa dilaksanakan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman atau OPT hama tikus, Kamis (02/08)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan produksi padi dari serangan hama tikus dengan cara pengasapan di lubang-lubang tikus.

Dengan demikian dalam jangka waktu 2 menit asap terhirup oleh tikus dan tikusnya mati.

Kegiatan tersebut melibatkan anggota Subak Desa Aan dalam pembasmian terhadap hama tikus yang mengganggu tanaman padi para petani.

Babinsa Aan Koramil 1610-02/Banjarangkan Pelda I Gede Sukarsana mengatakan pembasmian terhadap hama tikus dilakukan sebagai bagian memantapkan program pertanian yang nantinya mampu mewujudkan pancapaian swasembada pangan.

Harapannya setelah dilaksanakannya kegiatan ini akan memberikan dampak positif terhadap para petani sehingga padi mereka terhindar dari gangguan hama tikus yang mengakibatkan kurang produktifnya panen yang dihasilkan.

Kepala UPT BPTH Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bali I Komang Suastika memberikan atensi langsung terhadap usaha petani dalam memerangi hama tikus yang mengganggu tanaman padi.

Usaha ini memang sebagai salah satu upaya bersama untuk memberantas hama tikus di samping menggunakan cara lain seperti racun hama tikus.
Kita matikan tikus di sarangnya dengan pengasapan.

Selain Kepala UPT BPTH Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, hadir pada kegiatan ini antara lain Kadis Pertanian Klungkung diwakili I Wayan Sumatra, Kasi Perlindungan Pertanian Kabupaten Klungkung I Putu Mardika, Kepala UPT Distan Kecamatan Banjarangkan I Ketut Mara, Babinsa Desa Aan Pelda I Gede Sukarsana, PPL Desa Aan I Komang Edi, PUPT Banjarangkan, Klian Subak Dangin Desa Aan. (Target)