Koramil 1626-01 Bangli Dampingi Demplot Bawang Merah

oleh -27 views

TargetNusa.Com, Bangli – Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan penanaman perdana Demplot Bawang Merah di Banjar Guliang Bunutin Bangli, Kamis (19/07).

Kegiatan dihadiri oleh Kabid Holtikultura Kadis Pertanian Pemkab Bangli, Muspika Kecamatan Bangli , Kelian Subak Guliang dan Petani Banjar Guliang.

Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Pemkab Bangli I Wayan T. Sujana mengatakan bawang merah merupakan salah satu komoditi hortikultura yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Bangli. Oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan bawang di daerah Bangli maka petani Bangli diharapkan dapat memanfaatkan lahannya untuk menanam komuditi bawang merah.

“Kami mencoba percontohan penanaman perdana Demplot bawang merah ini yang nantinya akan menggugah semangat warga untuk bisa meningkatkan inovasi perubahan-perubahan dalam bertani sehingga dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

Sementara itu di sela-sela kegiatan Danramil 1626-01/Bangli Kapten Cpl I Wayan Widana seijin Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc., menambahkan peran Kodim1626/Bangli yaitu bertugas melaksanakan pendampingan dalam bidang pertanian.

Pendampingan dilakukan dalam penanaman Pajale Babe Padi Jagung Kedelai Bawang dan Cabe). Sebagaimana diketahui bahwa Bawang memiliki nilai ekonomi yang harganya terkadang melonjak naik.

Untuk menstabilkan harga maka diperlukan penanaman bawang yang tepat agar tidak terjadi perubahan harga yang signifikan.

Dalam kegiatan penanaman perdana ini dilaksanakan di sawah milik patani I Ketut Tara seluas 10 Are. (Target)