Jaga Kebugaran Fisik, Kodim Jembrana Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani

TARGETNUSA.COM – Jembrana-Bali | Kodim 1617Jembrana menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik I Tahun Anggaran 2021. Tes Kesamaptaan tersebut berlangsung di lapangan Pecangakan, Kelurahan Dauh Waru Hanya diikuti oleh seluruh Anggota Kodim 1617/Jembrana beserta Koramil Jajarannya, Senin (26/04/2021)

Dalam pelaksanaannya Tes Kesamaptaan Periodik I Tahun Anggaran 2021 meliputi materi kesegaran A yaitu lari dengan jarak semaksimal mungkin dalam waktu selama 12 menit. Setelah Kesegaran A selesai dilanjutkan dengan materi Kesegaran B yang terdiri dari beberapa bagian seperti: Pull Up, Sit Up, Push Up dan Lunges dengan alokasi waktu selama 1 menit (jumlah semaksimal mungkin) serta Shuttle Run (waktu secepat mungkin).

Setelah melaksanakan tes Kesegaran A dan B dilanjutkan istirahat sesaat dan selanjutnya seluruh anggota kembali melaksanakan test ketangkasan renang gaya dada dengan jarak tempuh 50 Meter dengan waktu secepat mungkin.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., mengungkapkan, bahwa dilaksanakannya Test Kesamaptaan Jasmani kepada seluruh Personel Kodim 1617/Jembrana sebagai tolak ukur untuk mengetahui tingkat kebugaran mereka, sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih membinaan fisiknya masing-masing secara mandiri di satuan.

Kesegaran jasmani yang prima merupakan hal yang mutlak dimiliki setiap prajurit. Hal tersebut guna mendukung pelaksanaan tugas pokok mereka dilapangan agar dapat terlaksana dengan baik.

“Dengan kesehatan dan kebugaran tubuh yang prima tentunya akan sangat membantu setiap prajurit terutama para Babinsa dalam menjalankan tugas di lapangan, terutama di masa Pandemi COVID-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro di wilayah tugasnya”, jelas Dandim Haruna.

Lebih lanjut Dandim juga mengatakan karena masih dalam situasi Pandemi COVID-19 saat ini, tentunya pelaksanaan Tes Kesamaptaan Periodik tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dan sebelum pelaksanaannya seluruh anggota diwajibkan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan serta mengukur tekanan darah atau tensi. Hal tersebut dilakukan guna meyakinkan seluruh anggota yang akan mengikuti tes keadaan sehat.

“Dalam pelaksanaannya seluruh anggota diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, dengan melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan dan tetap menjaga jarak”, tegas Dandim Haruna. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *