DANDIM 1623/KARANGSEM LETKOL INF BIMA SANTOSA MEMIMPIN PANEN RAYA JAGUNG HIBRIDA DI KORAMIL 1623-02/ABANG KARANGASEM

DANDIM 1623/KARANGSEM LETKOL INF BIMA SANTOSA MEMIMPIN PANEN RAYA JAGUNG HIBRIDA DI KORAMIL 1623-02/ABANG KARANGASEM.

TARGETNUSA.COM – KARANGASEM | Pada hari Rabu, tanggal 21 April 2021, pukul 08.20 Wita di Kebun Organik Bajatani (Bangga Jadi Petani) Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, telah dilaksanakan panen raya jagung Hibrida Koramil Unggulan Kodim 1623/Karangasem, yang dipimpin Dandim Letkol Inf Bima Santosa dan diikuti 22 orang.

Hadir dalam kegiatan: Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf Bima Santosa, Bati Tuud Koramil 1623-02/Abang, Peltu I Nengah Teresna, dengan 8 orang anggota, Staf Ter Kodim 1623/Karangasem 4 orang, PLT Kepala Seksi Konsumsi Dinas Ketahanan Pangan, Ngurah Aryadi. PLT Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian, I Putu Gede Suwata Berata. Ketua Bajatani, Ketut Semadiyasa, S.Sos, Petani Muda Keren I Wayan Widodo Jntriada,

Hasil panen jagung Hibrida : Luas tanah : 15 are. Lama masa tanam: 102 hari, Hasil panen : 849 Kg.

Pukul 08.45 Wita kegiatan dilanjutkan merontokkan hasil panen menggunakan mesin perontok, Penyampaian Ketua Bajatani Ketut Semadiyasa, S.Sos, bahwa hasil panen jagung kali ini ada beberapa hambatan saat mulai memasuki musim panen yaitu bertepatan dengan musim hujan, sehingga hasilnya kita rasa kurang maksimal, namun hal itu tidak menjadi hambatan dalam artian hasil panennya tidak berbeda jauh dengan musim panen sebelumnya, puji syukur kita hari ini dapat melaksanakan panen dengan hasil 849 Kg, semoga hubungan kerjasama Bajatani dengan Kodim 1623/Karangasem tetap berjalan dengan baik. Sekarang ini Bajatani telah mulai membudi dayakan tanaman Sorgum yang manfaatnya sangat potensial dan bagus sekali untuk konsumsi pengganti nasi, kedepan akan kita siapkan beberapa demplot, mengharapkan Kodim 1623/Karangasem dapat mendukung dalam hal menyiapkan lahan maupun traktor. Selain itu terkait jagung di Bali kebanyakan digunakan untuk pakan bukan pangan, sangat berbeda dengan di wilayah lain, diakui di Kabupaten Karangasem yang menjadikan jagung sebagai pangan hanya sebagian wilayah Desa Seraya Kecamatan Karangasem.

Petani Muda Keren I Wayan Widodo Jntriada, sebagai petani dan penduduk lokal Desa Seraya sangat membutuhkan pendampingan dari alat dukungan lainnya, sudah dicoba beberapa kali baik menanam jagung, lombok berhasil, kendala yang dikhawatirkan selama ini yaitu air dirasa tidak terlalu menjadi kendala, karena ada beberapa sistim pengairan di Desa Seraya. Kedepan dirinya akan menanam Sorgum, sangat optimis berhasil tentunya dengan sisitim tanam bergantian agar produk yang dihasilkan sehat dan bagus. Untuk lahan dirinya siap berkomunikasi dengan Bendesa Adat mengingat Desa Adat banyak memiliki lahan yang belum diolah.

Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf Bima Santosa, terkait budidaya Sorgum pihak Kodim siap mendukung, dan dirasa Sorgum ini sangat bagus untuk pengganti nasi maupun kebutuhan pangan lainnya, kepada Ketua Bajatani mungkin kedepan bisa diarahkan budidaya Sorgum di Desa Seraya, hal itu disamping untuk kemajuan petani serta untuk meningkatkan ekonomi/penghasilan masyarakat. Selama ini yang kurang adalah keinginan masyarakat terlebih kaum milineal untuk menjadi petani sangat kurang, semestinya dimasa pandemi Covid – 19 sektor pariwisata belum normal, maka anak muda sangat potensial untuk menambah penghasilan dengan menjadi petani.

Penyampaian PLT Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian I Putu Gede Suwata Berata, terkait jagung memang sependapat merupakan pakan, karena penduduk kita lebih banyak mengkonsumsi beras. Untuk Sorgum potensinya sangat bagus di Kembangkan di Kabupaten Karangasem, mengingat kandungan protein tinggi dan karbohidrat rendah. Dinas Pertanian siap mendukung dalam hal nantinya apabila sudah ada demplotnya pasti akan menggerakkan PPL termasuk mendukung proposal yang diajukan oleh petani. Pukul 09.55 Wita kegiatan selesai dengan lancar dan aman. Rabu (21/4) di Abang Karangasem. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *