Puri Gerenceng Gelar Festival Budaya Pecut Pusaka Ksatria Mahottama

TARGETNUSA.COM – DENPASAR BALI |
Puri Gerenceng Pemecutan yang berada di Jalan Sutomo, Denpasar Bali menggelar Festival Budaya Pecut Pusaka Ksatria Mahottama yang di padu dengan kesenian Reog Ponorogo, Pasundan dan Banyuwangi.

Festival yang digelar pada Sabtu (26/12/2020) ini, adalah festival pertama kali yang di selenggarakan oleh Puri Gerenceng.

Pangelingsir Puri, AA Ngurah Putra Dharma Nuraga mengatakan, festival ini digelar tak lepas dari sejarah pecut yang menjadi pusaka andalan Kerajaan Badung.

Dimana selama Kerajaan Badung berdiri, baru generasi kesebelaslah yang bisa menggelar festival ini.

“Sampai generasi kesebelas barulah kami bisa menggelar acara ini, karena Kerajaan Badung sudah tidak dapat perhatian lagi dari pemerintah. Peninggalan-peninggalannya juga tidak dapat perhatian,” katanya.

AA Ngurah Putra Dharma Nuraga berharap di 2021 pemerintah memperhatikan peninggalan para raja seperti pecut dan tulup agar dapat dijadikan Icon Seni Budaya Denpasar.

Ketua DPD RI Bali AWK Yang tanpak hadir diacara tersebut menyambut baik dengan adanya festival budaya yang di motori Oleh Pengelingsir Puri Gerenceng.

“Acara ini sangat bagus sekali untuk kembali memperaatukan Bali, Kami Akan bicarakan dengan pemerintah agar ini dapat perhatian khusus oleh pemerintah,” ucapnya.

Di tempat yang sama Dandim 1611 Badung, Kolonel Inf I Made Alit Yudana yang juga turut hadir sangat mengapresiasi festival yang digelar Puri Gerenceng walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19.

Namun harus tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Saya mengajak semua untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, demi masa depan Bali. Kalau sampai 2021 masih merah di Bali, maka kita sengsara,” katanya dalam sambutannya saat itu.

AA Ngurag Agung yang juga salah satu pengelingsir Puri Gerenceng mengatakan, dengan adanya festivas budaya ini kita dapat bersatu kembali jangan sampai terpecah belah.

“Intinya kita adalah menyama braya kita tetap bersatu. Puri jangan dilupakan,” harap Anak Ngurah Agung. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *