Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H Menjelang Pilkada 2020 Menyampaikan Himbauan Kamtibmas

TARGETNUSA | Bangli – Menjelang Pilkada 2020 Kapolsek Kintamani Polres Bangli menyampaikan himbauan Kamtibmas kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh unsur masyarakat di wilayah hukum Kecamatan Kintamani.

Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau biasa disebut dengan Pilkada atau Pemilukada adalah pemilihan umum untuk memilih pasangan calon kepala daerah yang diusulkan oleh Partai Politik (Parpol) atau gabungan parpol dan perseorangan. Pilkada merupakan sebuah pemilihan yang dilakukan secara langsung oleh para penduduk daerah administratif setempat yang telah memenuhi persyaratan. Di Indonesia, saat ini pemilihan kepala daerah dapat dilakukan secara langsung oleh penduduk daerah administratif setempat yang sudah memenuhi syarat.

Pemilihan kepala daerah juga dapat dilakukan satu paket bersama dengan wakil kepala daerah. Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kapolsek Kintamani, Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H ketika dikunjungi Pimred NuansaDewata yang juga Wapimred TargetNusa, Ngakan Putu Gede Udiana yang biasa disapa Aji Wisnu Segara Putra di Kintamani mengatakan pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan dan Kamtibmas di wilayah Kecamatan Kintamani, serta menyampaikan pesan Kamtibmas menjelang Pilkada Tahun 2020 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli untuk menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kintamani demi terciptanya situasi yang aman, damai dan kondusif.

“Situasi aman dan kondusif tidak akan mudah diperoleh tanpa kesadaran masyarakat sendiri dan didukung dengan komunikasi yang baik untuk selalu bersama dan berada di tengah – tengah masyarakat bertatap muka dan silaturahmi,” kata Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H.

Dukungan seluruh unsur masyarakat Kecamatan Kintamani terhadap Polri, Kapolsek Kintamani menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat yang sudah mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dengan cara bijak menyaring berita yang bertebaran di media sosial. 

Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H menyatakan hadir dan turun langsung menemui masyarakat dalam rangka untuk mengetahui situasi dan kondisi khususnya di wilayah Kecamatan Kintamani, untuk menyampaikan
pesan – pesan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kintamani mengajak masyarakat menjaga situasi kamtibmas menjelang Pilkada serentak tahun 2020.

“Apabila ada hal – hal yang tidak diharapkan agar secepatnya melapor ke Polsek Kintamani. Hindari mengirim pesan berantai melalui medsos yang belum pasti kebenarannya, abaikan saja pesan tersebut,” pinta Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H.

Menurut Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H wilayah hukum Polsek Kintamani memiliki wilayah luas dan desa paling banyak, untuk itu pihaknya melakukan penekanan kepada masyarakat untuk menjaga situasi kondusif menjelang Pilkada 2020 agar berjalan sukses.

Bersamaan dengan adanya Pilkada serentak 2020 tentunya peran kepolisian bertanggungjawab untuk mewujudkan Kamtibmas kondusif dan aman dalam perhelatan Pilkada ini. “Silaturahmi dengan masyarakat, tokoh masyarakat dan tokoh agama, guna membangun kebersamaan untuk mewujudkan Kamtibmas kondusif menjelang Pilkada serentak 2020,” kata Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H.

Kapolsek Kintamani, Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H memberi perintah kepada Bhabinkamtibmas Polsek Kintamani agar melaksanakan sambang dan menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kintamani.

Dalam Melaksanakan tugasnya Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dengan semua instansi dan elemen masyarakat untuk menjaga situasi yang kondusif, keharmonisan dan keakraban.

Lebih lanjut Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H menegaskan Bhabinkamtibmas melaksanakan sambang ke kantor desa binaannya, warga maupun perkantoran untuk bersiturahmi secara terus menerus, guna menjalin kedekatan dan keakraban antara Bhabinkamtibmas dengan warga maupun instansi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang terjadi di masyarakat, menjaga situasi yang sudah sangat kondusif ini dapat terdeteksi secara dini terutama saat menjelang Pilkada 2020 di Kabupaten Bangli.

“Saat melaksanakan sambang Bhabinkamtibmas memberi pesan kamtibmas kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap orang – orang yang tidak dikenal dan dicurigai, bila ada hal – hal yang mencurigakan supaya masyarakat segera menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas atau melapor ke Polsek Kintamani,” tegas Kompol. I Made Raka Sugita, S.H., M.H.

Kapolsek Kintamani mengharapkan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan di lingkungan keluarga dan sekitar, budayakan cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, menggunakan masker bila keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Journalist/Editor : Ngakan Udiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *