Terkait Pencegahan Virus Covid-19, Ini Pesan Kapolda Kalsel

Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., mengajak 3 Pilar Kota Banjarmasin (Walikota, Kapolresta dan Dandim) untuk berkolaborasi dan mengedukasi masyarakat terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Kapolda Kalsel saat melakukan diskusi penanganan Covid-19 di Ruang kerja Kapolresta Banjarmasin, Senin (20/7/2020) pukul 14.15 Wita.

Diskusi tersebut turut dihadiri Wakapolda Kalsel, Walikota Banjarmasin, Direktur Samapta Polda Kalsel, Direktur Binmas Polda Kalsel, Kapolresta Banjarmasin, Dandim 1007 Banjarmasin, Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Kepala BPBD Kota Banjarmasin, dan Kadis Sosial Kota Banjarmasin.

Disampaikan Kapolda Kalsel, ada 5 (Lima) strategi dalam penanganan Covid-19, yaitu Peningkatan kapasitas PCR, Peningkatan kapasitas ruang isolasi di rumah sakit, Pembuatan Kampung Tangguh, Penegakan disiplin melaksanakan protokol Kesehatan dan Efesiensi anggaran untuk penanganan Covid-19 yang sesuai sasaran.

Menurutnya, karena Kota Banjarmasin sebagai barometer maka dirasa perlu dirinya untuk datang ke wilayah ini untuk bertemu dengan 3 Pilar Kota Banjarmasin beserta jajaran untuk bersama-sama berdiskusi menyamakan persepsi bagaimana menanggulangi Covid-19.

Kapolda Kalsel pun mengimbau kepada 3 Pilar Kota Banjarmasin untuk menunggu instruksi atau Keputusan Bapak Presiden RI terkait Perwalikota sebagai landasan hukum yang kuat dari pusat.

Beberapa upaya yang harus disosialisasikan kepada masyarakat yakni dengan mendisiplinkan warganya untuk selalu menggunakan masker. Kemudian mencuci tangan pakai sabun dan jaga jarak.

Pada kesempatan itu, Kapolda Kalsel juga mengarahkan agar 3 Pilar Kota Banjarmasin saling komunikasi dan koordinasi, sehingga penanganan Covid-19 bisa terarah.

Namun, ditegaskan oleh Kapolda Kalsel, kunci utama dari penanganan Covid-19 adalah Disiplin dan Kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Karena apa yang dilakukan oleh Polri, TNI dan Pemerintah Daerah tidak akan berhasil tanpa adanya peran dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *