Pos Kamling Pemantau Desa Tumbak Bayuh Ikuti Lomba Pos Kamling Tingkat Provinsi Bali

TargetNusa | Badung – Pos Kamling Desa Tumbak Bayuh, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Jumat (26/6) sekitar pukul 10.00 wita dinilai tim penilai lomba Pos Kamling Polda Bali yang dipimpin Kasubditbin Polmas Ditbinmas Polda Bali, AKBP. Drs. I Nengah D. Pawitra didampingi Kasikomunitas SubditPolmas Ditbinmas Polda Bali, Kompol. I Nengah Merta, S.H.

Kunjungan kerja Tim penilai Polda Bali tersebut disambut langsung Kapolres Badung, AKBP. Roby Septiadi, S.I.K didampingi Kepala Desa Tumbak Bayuh, I Nyoman Sarjana., Kasat Binmas dan Kasat Satpol PP Badung serta puluhan perangkat desa dan Linmas Desa Timbak Bayuh.

“Saya ucapkan Selamat datang kepada Tim penilai sekaligus memperkenalkan diri sebagai awal silaturahmi saya di Desa Tumbak Bayuh selama hampir 8 bulan menjabat sebagai Kapolres,” ucap Kapolres Roby mengawali sambutan.

Kepolisian RI tinggal menghitung hari genap berusia 74. “Lewat lomba Pos Kamling ini, kami mohon doa, semoga  pelaksanaan menyambut Hari Bhayangkara Ke-74 berjalan dengan damai, aman dan tidak ada gejolak serta yang paling utama mohon maaf bila dalam pelayanan kami ada yang kurang memuaskan,” ungkapnya.

Menurutnya Pos Kamling itu merupakan Keamanan mandiri yang diprakarsai langsung oleh masyarakat lingkungan itu sendiri.

Meskipun kondisi saat ini adalah Pandemi Covid-19, namun keamanan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai karena virus corona, keamanan diri terlupakan. Seperti halnya taat pada imbauan pemerintah tentang protokol kesehatan, lupa tidak menggunakan helm saat mengendari sepeda motor.

Untuk diketahui bersama hingga saat ini orang meninggal akibat tidak menggunakan helm ada 189 orang sesuai data di Ditlantas Polda Bali, sementara yang meninggal akibat Covid-19 baru 9 orang, itupun karena orang tersebut memiliki riwayat sakit seperti paru – paru dan diabites.

“Miliki kesehatan disaat pandemi Covid -19 ini merupakan berkah besar dari Tuhan,” ujarnya.

Selanjutnya Pria lulusan Akpol 2000 ini menjelaskan fungsi masker cuci tangan dan Physical Distancing, bahwa masker berfungsi melindungi orang lain, sedangkan cuci tangan untuk menjaga kesehatan diri sendiri sedang jaga jarak menjaga kesehatan bersama. “Inilah yang paling penting dalam menghadapi New Normal atau Adaptasi Kehidupan Baru (AKB),” terangnya.

Sekali lagi kata Kapolres Roby berbicara kesempurnaan Pos Kamling kami  jauh dari sempurna, namun kami bersyukur dapat dukungan dari masyarakat dan kami mempersilahkan tim penilai melakukan penilaiannya.

Disambung Kepala Desa Tumbak Bayuh mengapresiasi lomba ini dan berharap Pos ini bisa membawa nama baik menuju  kemenangan tahun ini. Dikatakannya, Pos Kamling yang diawaki Linmas Desa Tumbak Bayuh dan dibina oleh satuan pembina masyarakat Polres Badung selalu rutin mengadakan penjagaan keamanan di lingkungan warga setiap siang dan  malam.

“Siangnya perugas Linmas kami ikut membantu petugas kepolisian mengatur lalu lintas, terutama di sekolah – sekolah, kemudian keliling memantau wilayah, namun untuk malamnya petugas Linmas kami selalu keliling sampai pagi,” terangnya.

“Dan untuk pembagian tugas kami bagi tiga, dengan kekuatan masing-masing 8 orang setiap bertugas dan efektif sejak tahun 2013 hingga sekarang,” imbuhnya.

Jika ada permasalahan, pihaknya menyelesaikan dengan cara mediasi, sehingga jarang permasalahan sosial naik ke tingkat kepolisian, tentunya sesuai prosudur yang disarankan dari pihak Kepolisian.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penilaian oleh Tim Penilai Polda Bali.

Editor    : Ngakan Udiana
Sumber : Humas Polres Badung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *