Kapal Miring Kapolres Karangasem Langsung Melakukan Pengecekan

TargetNusa | Karangasem – Pada Jumat (12/6) pukul 21.50 wita dari Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai KMP Darma Rucitra III mengalami kemiringan dan gagal sandar yang diduga disebabkan kebocoran lambung kapal yang dimasuki air, sehingga mengakibatkan keseimbangan kapal menghilang dan miring kesebelah kiri.

Keterangan dari salah satu ABK Kapal KMP Dharma Rucitra III, Ganda Diputra (25) asal Banyuwangi Jawa Timur pukul 17.00 wita KMP Dharma Rucitra III berangkat dari Pelabuhan Lembar, berselang waktu 2 jam meninggalkan Pelabuhan Lembar Kapal memgalami kemiringan yang disebabkan kebocoran lambung kapal, sehingga kru kapal mengoprasikan pompa air sejumlah 5 buah untuk mengurangi debit air yang masuk ke kapal,” ungkap Ganda Diputra.

“Sehingga pukul 21.50 wita kapal sampai di areal Perairan Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai ketika berusaha melakukan manufer untuk sandar, ketika hampir berhasil sandar kapal tersebut semakin miring serta mengalami kegagalan mesin, sehingga lambung kapal menyetuh dasar dermaga 2 Pelabuhan Padangbai,” tambah Ganda Diputra.

“Jumlah penumpang yang dievakuasi sebanyak 60 orang dari kejadian tersebut seluruh penumpang berhasil dievakuasi nihil adanya korban jiwa, serta sudah mendapat penanganan medis oleh petugas kesehatan pelabuhan, untuk kapal dan muatan yang karam di Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai mendapat tindak lebih lanjut,” ujar Kapolres Karangasem, AKBP. Ni Nyoman Suartini, S.I.K., M.M.Tr.

“Proses evakuasi dari tim gabungan TNI dan POLRI, TNI AL (BKO Marinir Pelabuhan), Polairud Polres Karangasem, Polsek Pelabuhan Padangbai, Tim Sar, Instansi terkait yang ada di pelabuhan Padangbai,” kata AKBP. Ni Nyoman Suartini, S.I.K., M.M.Tr.

Selanjutnya Kapolres Karangasem melaksanakan koordinasi dengan Instansi terkait untuk penanganan penumpang yang telah dievakuasi serta penanganan kapal yang karam di Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai agar dermaga 2 kembali dapat difungsikan serta tidak menghambat proses bongkar muat supaya tidak menimbulkan kepadatan di Pelabuhan Padangbai.

Editor    : Ngakan Udiana
Sumber : Humas Polres Karangasem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *