Unit Reskrim Polsek Pupuan Ungkap Kasus Pencurian

TargetNusa | Tabanan – Pada Sabtu 6 Juni  2020 pukul 06.00 wita, anggota Piket SPKT Polsek Pupuan menerima laporan telah terjadi tindak pidana  pencurian, TKP (Tempat Kejadian Perkara) di Banjar Palisan, Desa Bantiran, Kecamatan Pupuan Tabanan.

Korban Drs. I Nyoman Berata pria kelahiran Pajahan 3 Maret 1953, barang berharga yang dilaporkan hilang yakni dua buah HP satu unit merk samsung  dan 1 merk oppo, uang asing berupa USD dolar sejumlah 100 dolar, sepuluh buah cincin emas salah satunya bermatakan merah delima. Total kerugian Rp.60.000.000,- sebagaimana laporan Polisi momor: LP/06/VI/2020/Bali/Res Tbn/Sek Pupuan tertanggal 6 Juni 2020.

Berbekal Surat Perintah dari Kapolsek Pupuan, AKP. I Kadek Ardika, S.Sos, Unit Reskrim Polsek Pupuan dipimpin Ipda. Dewa Wijaya langsung melakukan penyelidikan diawali dari pemeriksaan di TKP, menggali keterangan korban dan saksi serta mengumpulkan alat bukti yang ditemukan.

Dari hasil pemeriksaan di TKP selanjutnya dikembangkan dengan melakukan penyelidikan dari hasil lidik, terduga pelaku mengarah kepada I Putu LDA alias Basir pria kelahiran 1 Maret 2000, tinggal di Banjar Dinas Yeh Busbus Desa Sai Kecamatan Pupuan Tabanan.

Kapolsek Pupuan, AKP. I Kadek Ardika, S.Sos, didampingi Kanit Reskrim Polsek Pupuan, Ipda. Dewa Wijaya mengatakan berdasarkan alat bukti yang cukup, petugas didampingi lrajuru desa setempat mendatangi rumah terduga pelaku dan berhasil diamankan (ditangkap) tanpa perlawanan, lanjut dilakukan Interogasi. “Terduga mengakui perbuatannya, selanjutnya terduga beserta barang bukti yang ditemukan dibawa ke Polsek Pupuan untuk dilakukan proses penyidikan.
Modus Operandi, pelaku masuk rumah dengan cara membuka jendela yang tidak terkunci,” jelasnya.

AKP. I Kadek Ardika, S.Sos menjelaskan kronologis kejadian pada Sabtu (6/6) perkiraan pukul 02.00 wita korban terbangun untuk buang air kecil, saat itu korban ingin melihat jam pada HP miliknya yang ditaruh disamping tempat tidur, namun HP miliknya sudah tidak ada, korban curiga ada pencuri yang masuk rumah selanjutnya korban mengecek barang miliknya yang lain,  ternyata 1 HP lainnya juga hilang, satu kotak perhissan yang semula ditaruh di dalam almari kaca diruang tengah juga hilang, mengetahui hal tersebut korban melapor ke Polsek Pupuan pada Sabtu 6 Juni 2020 pukul 06.00 wita.

Lebih lanjut AKP. I Kadek Ardika, S.Sos menyatakan berbekal keterangan saksi dan hasil pelacakan di Google Maap arah signal menuju ke Desa Sai dan mengarah ke salah seorang warga yang sedang berduka, selanjutnya petugas langsung bertanya kesalah seorang warga setempat, apakah I Putu Dwi Angga alias Basir ada datang melayat kesini, dan dijawab ada, namun sekarang sudah pulang, karena petugas sudah menaruh curiga kepada terduga, selanjutnya didampingi prajuru desa setempat petugas kerumah terduga, saat itu terduga sedang tidur, kemudian dibangunkan dan berhasil diamankan tanpa perlawanan.

“Saat diinterogasi terduga mengakui perbuatannya, mengambil barang milik korban, masuk rumah dengan cara membuka jendela yang tidak terkunci,” jelasnya.

AKP. I Kadek Ardika, S.Sos menjelaskan barang bukti yang berhasil diamankan satu buah HP merk Oppo, empat lembar  uang USD dolar rincian 3 lembar pecahan 20 dolar dan 1 lembar pecahan 5 dolar dan 1 buah HP samsung sedangkan perhiasan masih dalam penyelidikan. “Untuk memudahkan proses penyidikan pelaku dilakukan penahanan di Rutan Polsek Pupuan,” pungkasnya.

Editor    : Ngakan Udiana
Sumber : Humas Polres Tabanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *