Vidcon Evaluasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19 Oleh Panglima TNI Dihadiri Pangdam IX/Udayana

TargetNusa | Denpasar – Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah dalam rangka penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dapat segera diatasi, seperti dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada Jumat (29/5) Panglima TNI, Marsekal. TNI. Hadi Tjahjanto memimpin rapat melalui Vidcon tentang pelaksanaan dan evaluasi penegakan disiplin protokol kesehatan dalam rangka masyarakat yang produktif dan aman dari Corona Virus Disease (Covid-19) diikuti para Pejabat TNI baik pusat maupun daerah.

Panglima TNI menyampaikan bahwa Bapak Presiden RI telah memberikan direktif kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk mengawasi, pendisiplinan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat khususnya wilayah zona merah. Dimana zona merah sesuai dengan peraturan daerah adalah 4 provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat, DKI Jaya, Jawa Barat dan Gorontalo. Sedangkan 25 kabupaten/kota tersebar di beberapa provinsi.

Terkait dengan PSBB ditentukan oleh Pemda bekerjasama dengan Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan, ketentuan yang berlaku sesuai dengan standar atau protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Untuk evaluasi dan koordinasi terus kita lakukan sesuai perkembangan di wilayah, karena itu laporan – laporan perkembangan di wilayah terus dikirimkan ke Mabes TNI.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI juga menyampaikan beberapa penekanan dalam melaksanakan tugas bersinergi baik dengan Polri, Pemprov, Pemkab, Pemkot dan pengelola usaha sebelum melaksanakan kegiatan, serta adakan simulasi – simulasi sehingga dilapangan tidak ragu.

Pastikan objek – objek yang menjadi sentra kegiatan masyarakat ditempati oleh personel Satgas, dan latihan juga simulasikan SOP serta protokol standar yang telah ditetapkan agar dapat memahami tugas dengan baik, serta gunakan pendekatan persuasif, edukatif dan komonikatif saat berinteraksi dengan masyarakat.

Usai menerima arahan Panglima TNI Pangdam IX/Udayana, Mayjen. TNI. Benny Susianto, S.I.P menyampaikan arahan kepada para Pejabat Kodam IX/Udayana yang turut serta mendampingi intinya, bagaimana upaya kita dalam rangka menerapkan pendisiplinan kepada masyarakat. Untuk itu segera siapkan konsep dan skenario apabila di wilayah Bali Nusra mulai mengusulkan new normal.

“Pedomani penekanan Panglima TNI tentang SOP Protokol Kesehatan dan apa yang menjadi kebijakan pemerintah juga harus dipedomani betul,” tegas Pangdam.

Hadir mendampingi Pangdam IX/Udayana diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kabekangdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Kazidam IX/Udayana dan Dandim 1611/Badung.

Editor : Ngakan Udiana
Sumber : Pendam IX/Udayana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *