Perbedaan Ideologi Pancasila, Komunisme Dan Liberalisme

TARGETNUSA.COM Denpasar Badung || Pengertian ideologi pancasila, pada hakekatnya bukan hanya merupakan suatu hasil perenungan atau pemikiran seseorang atau kelompok seperti ideologi-ideologi lain di dunia. Pancasila diambil dari nilai-nilai luhur budaya dan nilai religius bangsa indonesia, pancasila berkedudukan sebagai ideologi bangsa dan negara.

Dengan demikian pancasila berakar pada pandangan hidup dan budaya bangsa, dan bukan mengangkat atau mengambil ideologi dari negara lain. Dan kandungan ideologi pancasila adalah kumpulan nilai-nilai atau norma yang meliputi sila-sila pancasila, Adapaun karakteristik ke 5 sila pada pancasila, yaitu Tuhan yang Maha Esa, artinya pengakuan bangsa indonesia akan eksistensi tuhan sebagai pencipta dunia dengan segala isinya.

Tuhan sebagai kausa prima. Oleh karena itu sebagai umat yang bertuhan harus taat kepada Tuhan yang Maha Esa, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pelaksanaan sila pertama pancasila didasarkan pada UUD 1945 Amandemen BAB XI pasal 29, Kemanusiaan yang adil dan beradab, artinya kita sebagai mahluk individu juga sebagai mahluk sosial, untuk itu sesuai dengan sila kedua penghargaan kepada sesama umat manusia sangat penting sekali, berarti pengakuan yang sama itu sesuai dengan derajat kemausiaan maka kita menghargai akan hak-hak asasi manusia seimbang dengan keawajiban-kewajibannya, Persatuan, artinya kita bangsa indonesia menjunjung tinggi persatuan bangsa, sehingaa dalam persatuan bangsa kita ditempatkan diatas kepentingan sendiri.

Pengorbanan untuk kepentingan bangsa lebih ditempatkan dari pada pengorbanan untuk kepentingan pribadi, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyarawatan perwakilan, artinya pengakuan dalam kehidupan kemasyarakatan dan bernegara sistem yang dianut yaitu demokrasi pancasila.

Dalam pelaksanaan kehidupan kita tingkatkan akan musyawarah demi mencapai tujuan hidup bersmasyarakat, bernegara bukan atas kekuasaan mayoritas maupun minoritas, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, Untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indoneisa, sudah merupakan cita-cita bangsa indonesia sejak bangsa indonesia dibawah kekuasaan bangsa lain. Dengan semangat proklamasi sehingga bangsa indonesia bisa menentukan nasibnya sendiri.

Komunis atau komunisme merupakan perlawanan besar pertama dalam abad ke 20 terhadap sistem ekonomi yang kapitalis dan liberalis. Komunisme adalah sebuah paham yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-produksi (tanah,tenaga kerja,modal) yang bertujuan untuk tercapainya masyarakat yang makmur.

masyarakat komunis tanpa kelas dan semua orang sama.komunisme ditandai dengan perinsip sama rata sama rasa dalam bidang ekonomi dan sekularisme yang radikal tatkala agama digantikan dengan ideologi komunisme yang bersifat doktrin terjadi menurut ideologi komunisme,kepentingan-kepentingan individu tunduk pada kehendak partai, negara dan bangsa. (kolektivisme)

Adapun ciri-ciri ideologi komunisme,bahwa ajaran komunisme adalah sifatnya yang ateis, tidak mengimani tuhan. Orang komunis menganggap tuhan tidak ada, kalau ia berfikir tuhan tidak ada. akan tetapi, kalau ia berfikir tuhan ada, jadilah tuhan ada, maka, keberadaan tuhan terserah kepada manusia.

Sifatnya yang kurang mengahargai manusia sebagai individu,terbukti dari ajarannya yang tidak memperbolehkan ia menguasai alat-alat produksi, Komunisme mengajarkan teori perjuangan (pertentangan) kelas,proletariat melawan tuan tanah dan kapitalis, Salah satu doktrin komunis adalah the permanent atau Continuous revolution (revolusi terus menerus) revolusi itu menjalar keseluruh dunia.maka,komunisme sering disebut go internasional, Komunisme memang memprogramkan tercapainya masyarakat yang makmur,masyarakat komunis tanpa kelas, semua orang sama. Namun, untuk menuju kesana ada fase diktator proletariat yang bertugas membersihkan kelas-kelas lawan komunism, khususnya tuan-tuan tanah yang bertentangan dengan demokrasi.

Dalam dunia politik,komunisme menganut sistem politik satu partai, yaitu partai komonis.maka, ada partai komunis Uni Soviet, partai komunis cin, PKI, dan partai komunis vietnam, yang merupakan satu-satunya partai di negara yang bersangkutan. Pada Negara Komunis tidak ada partai oposis, jadi komunisme pada dasarnya tidak menghormati HAM

Bedahal nya dengan liberalisme yang merupakan suatu ideologi yang memberikan kebebasan individu tanpa batasan atau halangan dari pemerintah. Munculnya ideologi ini disebabkan karena ketatnya peraturan sehingga membuat kekuasaaan bersifat otoriter, tanpa memberikan kebebasan berfikir kepada rakyat.salah satu yang menganut ideologi liberalisme adalah Amerika. Kebebasan telah muncul sejak adanya manusia di dunia, karena pada hakekatnya manusia selalu mencari kebebasan dirinya sendiri.
Adapun ciri-ciri ideologi liberalisme, dibidang ekonomi menagnut paham kapitalisme perekonomian diserahkan kepada kepentingan perorangan sehingga menimbulkan pertentantangan dan kepentingan karena yang kaya makin kaya dan yang miskin makin beratambah miskin.ekonomi kapital libelarisme memberikan kemerdekaan dan kekayaan kepada sekelompok kecil mayasarakat saja, tidak kepada rakyar banyak.

Bidang politik menonjolkan individu artinya, bisa saja orang menuntut sesuatu kepada negara atas dasar perinsip liberal.keadaan itu menjadikan kehidupan politik menjadi lebih sehingga pemerintah sering berganti.selain itu didukung serta adanya pasrtai oposisi (partai yang kalah dalam pemilu) yang tugasanya mengawasi dan mengevaluasi pemerintah (partai yang berkuasa). Pemerintah hanya mengatur kehidupan masyarakat secara terbatas.keputusan yang dibuat hanya sedikit untuk rakyat sehingga rakyat dapat belajar membuat keputusan diri sendiri, demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang lebih baik, Bidang sosial budaya, anggota masyarakat bersifat individual dan sangat mementingkan prestasi pribadi.anggota masyarakt memiliki kebebasan intelektual penuh termasuk kebebasan berbicara,kebebasan beragma dan kebebasan pers.Bidang agama, mengenal paham sekuler, artinya negara tidak ikut campur atau menomor duakan dalam urusan agama sebab agama adalah urusan masing-masing pribadi dan lembaga keagamaannya.

Dari penjelasan singkat tiga ideologi yaitu pancasila,komonisme dan liberalisme, pastinya kita bisa menyimpulkan bahwa ideologi yang benar-benar sesuai dengan negara kesatuan republik indonesia adalah Ideologi pancasila, melihat keragaman agama, budaya dan letak geografis antar pulau yang satu dengan pulau lainnya yang memiliki budaya yang berbeda, hanya ideologi pancasila yang benar-benar pas dan sesuai di Negara kesatuan Republik Indonesia untuk diterapkan. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *