Sambut Hari Raya Galungan dan Kuningan Polres Badung Rayakan Dengan Ngelawar

TARGETNUSA.COM, Badung-Bali || Para penegak hukum yang di kenal dengan baju coklat ini, kini kompak Nektek (mencincang) Lawar bersama sebagai wujud syukur dalam menyambut hari Raya Galungan dan Kuningan.

Mempertahankan tradisi serta adat dan budaya di Bali, bagi personil Polres sudah merupakan suatu kewajiban.

Kasi Propam Polres Badung Iptu I Made Murdawan, S.Sos selaku koordinator ngelawar mengatakan disamping untuk membudayakan tradisi adat di Bali, juga merupakan wujud kebersamaan dalam suka dan duka.

“Kita tidak hanya berbagi dalam duka, saat bahagiapun berlaku sama”, kata Made Murdawan di wantilan Pura Giri Catur Loka Polres Badung, Bali. Senin, (17/02) lagi pukul 09.00 wita.

Mereka tampak dengan mahir mencincang daging babi donasi dari Iptu Made Sujana di atas talenan sebagai adonan lawar.

Wakapolres Badung Kompol Sindar Sinaga, SP saat dihubungi Humas Polres Badung juga mengatakan kalau acara ngelawar bersama ini, merupakan proses barbaur memupuk kebersamaan, sebagai wujud ngayah ( menghaturkan bakti) dalam menyambut hari Kemenganan Dharma melawan Adharma.

Tampak personil Polres Badung di sela-sela kesibukannya memotong daging Babi bersama, sebelum Lawar ini diadonkan.

“Sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun mebat bersama selalu dilakukan, khususnya saat Pujawali di Pura Giri Catur Loka Polres Badung, tujuannya, agar tradisi yang wariskan tidak sampai punah”, Jelas ibu yang punya hoby masak asal Medan ini.

Lawar yang dibuat ini selain dipersembahkan untuk upacara guna melengkapi sarana bebanten, juga membangun kebersamaan. Seperti terlihat ada yang membuat mengolah buah nangka (ramasan), memarut kelapa, memotong babi, meracik bumbu dan menggoreng daging dan merebus sayur kacang.

‚ÄúSemua berinteraksi dan penuh kebersamaan untuk ngayah dengan tulus iklas,” katanya Menutup. (Red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *