Bulan Bahasa, SMP Nasional Denpasar Gelar Berbagai Lomba Kebudayaan Bali

TARGETNUSA.COM, Denpasar Bali || Anak-anak Sekolah Dasar (SD) se-Kota Denpasar antusias ikuti berbagai lomba yang dilaksanakan oleh SMP Nasional Denpasar dalam rangka Bulan Bahasa, generasi muda ini mengisi kegiatan yang berbasis bahasa, aksara, dan sastra Bali sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 80 Tahun 2018. Sabtu, (8/2).

“Belajar bahasa Inggris itu perlu, bahasa Jepang perlu, bahasa China juga perlu, tapi bahasa Bali lebih penting lagi. Tidak boleh ditinggalkan seiring kemajuan zaman sebagai bagian dari peradaban dan kebudayaan Bali,” ungkap Kepala SMP Nasional Denpasar. Ni Putu Supadmi, S.Pd

Lanjut Ni Putu Supadmi kegiatan ini merupakan kegiatan Bulan Bahasa Bali di SMP Nasional yang juga merupakan satu program Pemerintah yang bertujuan untuk melestarikan serta memperkuat keberadaan bahasa, aksara dan sastra Bali.
Bahasa Bali disebutnya merupakan pengikat kebudayaan dan masyarakat Bali, yang menjadi jati diri serta identitas bagi masyarakat Bali itu sendiri.

Menurut Supadmi, di tengah perkembangan global dewasa ini dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang jika tidak disikapi dengan baik, berpotensi mengikis kesadaran masyarakat lokal akan bahasa dan aksara Bali. Untuk itu diperlukan memberikan pengetahuan tentang budaya dan seni sejak dini langkah khusus untuk mempertahankan dan menguatkan eksistensi bahasa, aksara dan sastra Bali di tengah kemajuan zaman saat ini.

Kita di SMP Nasional Juga sudah menjalankan instruksi pergub dengan membuat papan nama Sekolah menggunakan aksara Bali, dengan posisi di atas huruf latin-nya. Setiap hari kamis menggunkan Busana Adat dan menggunkan Bahasa Bali. jelasnya.

Sedangkan I Nyoman Kembaranada, S.Pd, selaku ketua panitia mengatakan Dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa Bali yang bertepatan pada bulan Perbruari 2020, kami SMP Nasional Denpasar mengadakan kegiatan lomba antar Sekolah Dasar se-Kota Denpasar antaranya Lomba Tari Tunggal Putri (Condong), Lomba Nyurat Aksara Bali, Lomba Mesatua Bali dan Lomba Puisi Bali.
Tujuan dari kegiatan ini guna. Melesterikan kebudayaan Bali khususnya Tari Bali, Meningkatkan Sradha Bhakti dan kedisiplinan generasi muda dan Menumbuhkan kreativitas di kalangan generasi muda. Kegiatan ini sendiri tahun ini mengambil tema dengan Penguatan Agama dan Budaya kita siapkan generasi emas menyongsong masa depan lebih baik yang memiliki karakter papar Kembarnada yang juga Waka Kesiswaan SMP Nasional Denpasar.

Penyelenggaraan Lomba dalam Bulan Bahasa Bali Tahun 2020 di SMP Nasional ini kita laksanakan selama tiga hari mulai tanggal 7 sampai dengan 9 Pebruari 2020. Hadiah akan kami serahkan pada tanggal 11 Maret 2020. Tutup Kembaranada.

Dr. A.A.Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda,S.Sos.,M.M, Ketua Perdiknas Denpasar. Saat di temui di runganya mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi yang di lakukan oleh SMP Nasional guna melestarikan Penggunaan Bahasa, Aksara, Sastra, Kebudayaan dan Seni. Harapannya kegitan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan di lanjukan tahun depan sebagai ajang kontestasi, sebagai ajang pagelaran, untuk menunjukkan kualitas bahwa SMP Nasional terus bergerak dalam arena kreativitas dan karya kreatif tanpa batas. (red-TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *