SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata Laksakan Upacara Hari Saraswati Sebagai Turunya Ilmu Pengetahuan

TARGETNUSA.COM, Denpasar || Hari raya Saraswati adalah hari yang sangat penting bagi umat hindu, khususnya bagi para pelajar juga bagi penggiat pendidikan karena hari Saraswati adalah hari turunnya ilmu pengetahuan dan hari raya Saraswati dirayakan setiap 6 bulan sekali (210) hari, hari ini jatuh pada hari Sabtu (7/12/2019).

Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala yang menaungi SMK Bali Dewata dan SMK  Kesehatan Bali Dewata juga melaksanakan upacara  Saraswati di halaman sekolah yang di ikuti oleh seluruh siswa dan para guru serta setaf sekolah.

Namun sehari sebelum hari Saraswati SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata mengadakan lomba yang berkaitan dengan budaya Bali. Seperti membuat Penjor, membuat Gebogan, membuat Canang, mekidung, dan lain sebagainya.

Dengan diadakannya lomba tersebut menurut kepal SMK Kesehatan Bali Dewata, Ns.Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami S., Kep., didampingi  kepala SMK Bali Dewata agar siswa siswinya tidak melupan budaya bali yang merupakan warisan leluhurnya.

“Kita tidak lepas dengan budaya Bali, apalagi jaman anak milenial seperti sekarang ini, anak – anak harus tahu cara bikin Gebokan, Penjor dan Mekidung jangan sampai tidak tahu, kalau di rumah orang tua bikin seperti itu beda dengan tehnik yang ada di sekolah”, jelas Sri Utami.

Di sekolah dalam membuat Gebogan membuat Penjor perlu kerja sama yang baik dan teknik apalagi mekidung perlu dengan keseriusan.
Dalam membuat penjor dan Gebokan, siswa yang beragama Hindu berbaur dengan siswa non Hindu saling bekerja sama.

“Di sekolah kami, waktu hari raya Saraswati untuk non Hindu di liburkan, namun sebelum hari Saraswati siswa non Hindu harus mengikuti lomba,yang diselenggarakan oleh sekolah agar bisa bekerjasama berbaur dengan siswa yang beragama Hindu”, tambahnya.

Untuk memberikan suport kepada siswa dalam lomba tersebut sekolah menyiapkan piala untuk mendorong siswa lebih giat lagi untuk belajar di sekolah. (TN/Ash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *