Sehari Sebelum Upacara Saraswati SMKN 3 Denpasar Selenggarakan Berbagai Lomba Has Bali

TARGETNUSA.COM, Denpasar || Hari Raya Saraswati kalimat yang tidak asing di kalangan umat Hindu di Bali. Terlebih di lingkungan pendidikan yang ada di Bali. Hari Raya  Saraswati adalah hari turunnya ilmu pengetahuan yang harus di hormati. Salah satunya di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Denpasar menjelang Hari Raya Saraswati semua siswa  melakukan kegiatan di lingkungan sekolah itu sendiri. Mulai dari bersih  bersih di lingkungan sekolah, di merajan, nunas tirta serta berbagai lomba- lomba terkait dengan adat budaya bali yang sudah jadi warisan turun menurun.

Waka Humas SMKN 3 Denpasar, Wayan Jelada seijin Kepala SMKN 3 Denpasar AA Bagus Wijaya Putra, Jum’at (6/12/2019) disela – sela kegiatan Lomba yang diselenggarakan oleh sekolah mejelaskan kepada wartawan Target Nusa, kalau di sekolahnya setiap 210 hari selalu melakukan persembahyangan bersama, dan mengadakan berbagai lomba mulai dari lomba ngelawar sampai dengan lomba gebogan.

“Hari ini siswa kami sebelum upacara Saraswati kemi membuat kwgiatan ngelawar, membuat sate lilit, membuat canang dan membuat gebokan dengan tujuan agar siswa tidak lupa dengan adat bali yang merupakan warisan dari leluhur kita”, terangnya.

Lomba tersebut di lakukan sahari sebelum pelaksanaan upacara Saraswari yang jatuh pada hari Sabtu  7/12/2019. Dan lombapun dilakukan dengan cara kerkelompaok, satu kelompok bisa dua siswa atau tiga orang siswa.

“Dengan diadakannya lomba seperti ini kami berharap kepada anak – anak agar tidak terfokus pada pendidikan saya tetapi budaya bali juga harus tetap terjaga dan bisa menjaganya”, jelasnya.

Jangan sampai anak dari SMK tahu sama lawar tetapi tidak tahu cara bikinnya tamba Wayan Jelada. (TN/Ash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *