Gede Wenten Aryasuda : Ujian Nasional Tetap Menjadi Syarat Kelulusan

TARGETNUSA.COM, Denpasar-Bali _  ujian Nasional Berbasis Komputer (UMBK) atau Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), diselenggarakan serentah di seluruh nusantara termasuk di Bali yaitu SMP PGRI 2 Denpasar masih menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

UNKP yang diselenggarakan oleh SMP PGRI 2 Denpasar sesuai prosedur yaitu panitia UN mengambil naskah ujian yang tersimpan di kantor Dinas Pendidikan sebelum ujian dimulai. Pelaksanaan UNKP sendiri dimulai pukul 10.30 Wita.

“Secara prosedular soal yang di tempatkan di kotak dibuka di hadapan pengawas”,  jelas Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, I Gede Wenten Aryasuda di hari pertama dalam pelaksanaan UNKP kepada awak media di ruang kerjanya, Senin, 22 April 2019.

Tahun ini, jumlah siswa yang mengikuti UNKP di SMP PGRI 2 Denpasar ada 592 orang. Pada hari pertama pelaksanaan UNKP tidak ditemukan soal rusak maupun kesalahan teknis lainnya lanjut Aryasuda.

Terkait dengan kesiapan siswa sendiri, Aryasuda menjelaskan, secara rutin kegiatan itu dilakukan menjelang pelaksanaan ujian nasional. Untuk UN sendiri sekarang sudah diputuskan mutlak bukan sebagai acuan kelulusan. Namun UN tetap menjadi syarat kelulusan dengan kehadiran siswa untuk mengikutinya.

Menurut Aryasuda, nilai USBN menjadi penentu utama dalam kelulusan siswa. Namun sekolah masih  belum menggelar rapat dewan guru untuk menentukan kelulusan siswa.

“Nanti setelah UN  baru diadakan rapat dewan guru untuk memberikan nilai untuk kelulusan siswa. Yang pasti, sekolah tetap obyektif menilai siswa”, bebernya. (Ash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *