Perkuat Swasembada Pangan, Kodim Badung Dan Subak Grana Tanam Padi Bersama

TARGETNUSA.COM, badung-Bali _ Sinergitas antara Kodim 1611/Badung dengan kelompok tani atau Sekaa Subak dalam rangka program ketahanan pangan terus berlanjut.

Hal ini ditandai pada kegiatan tanam padi bersama yang melibatkan Kodim 1611/Badung dengan Sekaa Subak Grana Muduk Pala, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Sabtu (20/04) berlokasi di area persawahan Subak setempat.

Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1611/Badung Mayor Inf I Putu Sukadana memimpin kegiatan tanam padi bersama tersebut sekaligus mewakili Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo, S.E.

Pada kesempatan tersebut Pabung Mayor Inf Putu mengatakan dalam menyikapi masalah ketahanan pangan Kodim 1611/Badung telah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Badung termasuk dengan instansi terkait di tingkat kecamatan.

“Seperti saat ini kita melaksanakan penanaman padi di wilayah Kecamatan Abiansemal, tepatnya di Subak Grana Desa Sangeh”, ungkap Mayor Putu dihadapan 75 orang yang hadir pada kegiatan ini.

Dijelaskannya, lahan pertanian yang digarap seluas 1 hektare dan ditanami padi jenis Ciherang.

Lebih lanjut mantan Kapenrem 163/Wira Satya tersebut menjelaskan program tanam padi bersama dalam rangka pelaksanaan program ketahanan pangan ini merupakan program percontohan dengan membangin sinergi dan kerja sama dengan para petani Subak Grana Munduk Pala, Desa Sangeh.

Kita berharap program ini akan dapat berjalan baik dengan menerapkan metode pola tanam yang benar sesuai dengan bimbingan dan petunjuk dari petugas penyuluh lapangan (PPL) Pertanian Kecamatan Abiansemal dan tentunya kita berharap pada saatnya panen hasil akan maksimal yang tentunya akan menguntungkan bagi para petani dan penyediaan logistik beras di wilayah Abiansemal.

Sementara itu dari Dinas Pertanian Kabupaten Badung melalui Kepala UPT Pertanian I Ketut Purwita merespon positif kerjasama antara TNI dalam hal ini Kodim 1611/Badung dengan Para Petani Subak Gerana Munduk Pala.

Pendampingan oleh pihak TNI dan kerjasama dengan PPL mampu untuk mengarahkan petani dengan baik dan benar dalam menerapkan pola tanam.

Pekaseh (Ketua) Subak Grana Mundu Pala, I Made Lasia juga menyampaikan hal yang sama dimana pendampingan yang dilakukan TNI dan juga PPL telah memotivasi para petani untuk menggarap lahan pertanian yang dimiliki dengan pola tanam yang benar sehingga nantinya hasil yang diperoleh juga akan baik dan maksimal.

“Intinya kami dari warga Subak Grana merespon baik dan positif kerja sama aparat TNI, Dinas Pertanian dan PPL dengan para petani dalam memberikan ilmu pengetahuan sekaligus diterapkan di lapangan”, ungkapnya.

Hadir pada acara tanam padi bersama tersebut Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya, S.Sos., Perbekel Sangeh I Made Werdiana, PPL Sangeh I Made Pageh, Kepala UPT Pertanian I Ketut Purwita, Danramil 1611-04/Mengwi, Danramil 1611-05/Abiansemal, Danramil 1611-06/Petang, Pasiter Kodim 1611/Badung, Bendesa Adat Sangeh Ida Bagus Sunart, S.Sos, Para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan tentunya Sekaa Subak Grana Munduk Pala Desa Sangeh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *