Anggota Satgas TMMD Tertarik Pada Pekerjaan Warga Sebagai Peternak

TARGETNUSA.COM, Bangli, Bali _ Masyarakat yang tinggal di Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli utamanya Dusun/Banjar Tampuagan dan Penarukan sebagian besar dalam kesehariannya bekerja sebagai petani dan peternak.

Pekerjaan masyarakat dua dusun tersebut sangat sesuai dengan kondisi alam di wilayah Desa Peninjoan yang memang masih banyak persawahan dan tegalan yang mendukung pekerjaan bertani dan beternak. Di samping masih banyak pekerjaan lain yang digeluti warga setempat. Kalau kita perhatikan alam lingkungan di Desa Peninjoan, jenis tanaman dan rerumputan memang tumbuh subur yang menjadi sumber makanan utama ternak khususnya sapi.

Rata-rata petani di wilayah desa ini memelihara sapi dengan jumlah bervariasi antara 1 sampai 4 ekor. Jenis sapi yang mereka pelihara adalah jenis Sapi Bali merupakan jenis sapi lokal yang menjadi unggulan, karena sangat tahan dengan kondisi alam setempat, mudah memeliharanya dan harganya relatif cukup mahal. Hal-hal inilah yang memudahkan dan menguntungkan warga untuk bertani sambil beternak sapi.

Wayan Sugita yang menggeluti pekerjaan bertani sekaligus beternak sapi membenarkan tentang hal tersebut di atas.

“Intinya masyarakat sebagai petani sekaligus peternak harus paham betul cara pemeliharaan Sapi Bali dengan baik. Sehingga hasilnya akan maksimal nilai jualnya mahal yang akhirnya akan dapat menopang ekonomi keluarga”, paparnya.

Hal ini juga menjadi perhatian sejumlah Anggota Satgas TMMD Ke 104 Kodim 1626/Bangli yang sedang mengerjakan program TMMD di Desa Peninjoan.

Di waktu istirahat yang ada, Anggota Satgas TMMD juga menyempatkan untuk melihat ternak warga yang memang jika ditekuni akan menjanjikan hasilnya.

Kehadiran Anggota Satgas tidk hanya sekedar melihat ternak warga tetapi juga secara tidak langsung memotivasi peternak sapi baik secara perorangan maupun kelompok.

Demikian dijelaskan Senin siang (18/03) oleh Komandan SSK Satgas TMMD Ke 104 Kodim 1626/Bangli Letda Inf I Ketut Joni Ariyanta yang diminta pendapatnya terkait aktifitas anak buahnya di lokasi TMMD.

Pihaknya selalu menekankan kepada anggota Satgas agar peduli kepada warga dan setiap saat membantu masyarakat disekitar lokasi TMMD.

Kepedulian Satgas ternyata mendapatkan ucapan terima kasih dari warga yang telah memberikan motivasi kepada mereka sebagai petani untuk tetap ulet dan semangat untuk bertani sekaligus beternak. (Ash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *