Pembangunan Jalan Oleh TMMD Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

TARGETNUSA.COM, Bangli -Bali || Kegiatan TMMD 104 Reguler Tahun 2019 Kodim1626/ Bangli, di bawah Korem 163/ Wira Satya, Kodam lX/ Udayana dipercaya menyelenggarakan TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Program TMMD tersebut bertujuan untuk membantu pemerintah, khususnya  kabupaten Bangli guna meningkatkan  kesejahteraan masyarakat,  melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun  non fisik.

Dansatgas TMMD Letkol Cpn Andi Pranoto, menyampaikan selain sasaran pokok yaitu  pembuatan jalan yang menghubungkan Dusun Tampuagan dengan Dusun Peninjoan sepanjang 1,5 km, Satgas TMMD Ke 104 Kodim 1626/Bangli juga membuat sarana mandi cuci kakus (MCK) berupa dua kamar kecil di area Jaba Pura Puseh Karang Suung, Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli.

Kegiatan TMMD kali ini ada yang tidak biasa dari biasanya, TMMD ke 104 Kodim 1626/ Bangli bukan hanya Masyarakat Peninjoan yang ikut bergotongroyong, tetapi juga Masyarakat Binaan dari Lapas Bangli juga ikut bergotongroyong. Hal ini mungkin hanya di Bali yang ada Warga Binaan ikut membantu TMMD.

“Yang ikut terjun dalam ke giatan TMMD yang ke 104 kali ini selain warga setempat  juga ada Warga Binaan yang masatahanannya selama 6 tahun, namun sudah berjalan 2 tahun, ini lain dari pada yang lain, di Indonesia hanya di Bali yang ada Warga Bunaan ikut terjun dalam TMMD”, jelas Dansatgas TMMD Bangli, Andy Pranoto, Jum-at (15/3/2019).

Para Warga Binaan yang berjumlah 15 orang tersebut ikut membangun rumah milik Made Kuswanta warga komplek Suung peninjoan yang mengikhlaskan dapurnya di bongkar karena terkena pelebaran jalan. Namun Made Kuswanta dapat ganti pembangun rumah seluas 7 × 4 meter, yang layak huni.

Salah satu Warga Binaan Anang Winarko kasus Narkotika dan dijatuhi hukuman 6 tahun merasa senang dapat keluar dari tahan dan dapat diterima dimasyarakat untuk membantu  membangun rumah yang dapat bedah rumah dari desa setempat.

Sementara itu Kepala Desa Peninjoan I Dewa Nyoman Tagel mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bersama-sama membangun Desa Peninjoan ini.

“Kami berharap kerjasama ini tidak berhenti sampai pada berakhirnya pelaksanaan TMMD kali ini”, pintanta Dewa Nyoman Tagel.

Menurut Dewa Nyoman Tagel dengan adanya desa wisata di Deasa Peninjoan dan pembangunan jalan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mohon dukungan dari pemerintah dan semua pihak sehingga dengan segala potensinya, Desa Peninjoan akan dapat mewujudkan sebagai desa wisata, khususnya sebagai desa wisata spiritual”, jelas Kepala Desa yang Humoris. (A. Syukani Hanafi)

Jurnalis : A. SYUKANI HANAFI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *