Maling Sapi Asal Jember Di Tembak

TARGETNUSA.COM, Banyuwangi, Jatim || Pelaku pencurian hewan yang beroperasi di wilayah hukum Polres Banyuwangi yang sangat meresahkan masyarakat berhasil di ringkus Tim Resmob Polres Banyuwangi.

Kasus pencurian hewan ini terungkap berawal dari 3 orang yang melaporkan ternak sapinya yang hilang di curi oarang. Dari tiga orang yang melapor ternaknya yang hilang yaitu : Misnan 49 tahun, warga Desa Kedung Rejo,Kecamatan Muncar, Ismail 45, warga Srono dan Ahmad Sudartho 38 Kecamatan Blimbingsari.
Berbekal laporan tersebut Tim Resmob Polras Banyuwangi melakukan penyelidikan dan dapat meringkusnya.

Satu pelaku dapat dilumpuhkan dengan timah panas polisi karena berusaha kabur. Sedangkan dua pelaku lainnya berhasil kabur.

Terungkapnya kasus pencurian hewan tersebut bermula dari maraknya laporan masyarakat yang kehilangan ternak. Ada tiga orang korban yang melapor. Ketiganya adalah Misman, 49, warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar; Ismail, 45, warga Srono, dan Achmad Sudarto, 38, warga Desa/Kecamatan Blimbingsari.

Dari hasil penyelikan Polisi, mengarah kepada Buasin dan komplotanya asal Jember, lalu polisi melakukan pengintaian di tempat yang dianggap rawan pencurian hewan.

Upaya pengintaian petugas akhirnya membuahkan hasil di Wilayah Srono petugas mencurigai  kendaraan Cerry nopol P 1998 Q warna biru kaca dimodifikasi sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

“Kendaraan tersebut diduga menjadi sarana yang digunakan pelaku untuk melakukan curwan kelompok Buasin Dkk,” ungkap Kasatreskrim, AKP Panji Pratistha Wijaya.

Tim Resmob pun melakukan penghadangan di jalan raya Genteng-Jember masuk Dusun Wadungdolah, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng. Namun  bukan malah berhenti, kendaraan tersebut justru tetap tancap gas dan berusaha untuk menabrak anggota Resmob yang melakukan penghadangan.

Mobil Carry yang dikendari pelaku malah berputar arah dan tancap gas. Sekitar 300 meter dari lokasi penghadangan, akhirnya  mobil tersebut ditemukan sedang parkir di tepi jalan, namun sudah tidak ada orangnya.

“Untung ada warga di sekitar lokasi yang melihat tiga orang meloncat ke sungai yang tak jauh dari lokasi mobil Carry tersebut diparkir,” ungkap Panji Pratistha

Selanjutnya, Tim Resmob berupaya melakukan pengejaran. Sementara petugas lainnya melakukan pemeriksaan kondisi muatan di dalam mobil Carry. Petugas menemukan satu ekor sapi jantan warna cokelat yang diperkirakan umur 2,5 tahun

Tim Resmob terus melakukan penyisiran di seputaran lokasi  untuk mengejar para pelaku, tepatnya di daerah Dokaran Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore.

Alhasil kurang dari enam jam, tim Resmob akhirnya berhasil mengamankan salah satu pelaku atas nama Ponaidi, 36, warga Dusun Krajan II, Desa Gambiran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember.

”Pelaku berhasil kami amankan setelah ada warga yang mengetahui ciri-cirinya. Saat kami sergap di pinggir jalan yang bersangkutan justru malah kabur hingga akhirnya terpaksa kami lumpuhkan dengan tembakan,” jelas Panji.

Di hadapan petugas, Ponaidi mengaku dalam melakukan aksinya bersama dua orang, yakni SB dan KB yang masih dalam pencarian petugas dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Banyuwangi.

Dalam aksinya Ponaidi mengaku sebagai sopir, eksekutor di perankan inisial KB dan Inisial SB berperan membantu menaikkan hewan hasil curiannya kedalam kendaraan yang sudah di siapkan. (TN /Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *