Babinsa Pedawa Ikut Jaga Kearifan Lokal

KTARGETNUSA.COM, Singaraja || Mengawali datangnya musim penghujan di wilayah Kabupaten Buleleng, seluruh komponen masyarakat sudah mulai menata dan membersihkan lingkungannya masing-masing guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam banjir dan tanah longsor.

Di samping tetap menjaga kelestarian alam, masyarakat khususnya para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) atau gabungan kelompok tani (Subak) kembali untuk menggarap dan menyiapkan lahan untuk menyambut tibanya musim tanam padi, jagung dan kedelai (Pajale).

Keberadaan Babinsa di jajaran Kodim 1609/Buleleng juga secara kontinyu turut ambil bagian untuk melakukan upaya-upaya pendampingan kepada para petani setempat guna mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan dan ketahanan pangan nasional.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Sertu Sukarjo, Babinsa Pedawa, Rabu (19/12), dalam rangka menyambut musim penghujan Babinsa bersama kelompok/ warga masyarakat Pura Sekaah Juragan Desa Pedawa Kecamatan Seririt melaksanakan penanaman padi Gogo Ranca (padi ladang atau lahan kering) di areal desa sekitar yang memiliki karakteristik medan perbukitan.

Seluruh komponen masyarakat lebih kurang 200 orang dan tidak ketinggalan pula ikut serta dalam kegiatan tersebut Perbekel (Kades) beserta perangkatnya, Ketua/Kelian Banjar, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga masyarakat.

Kegiatan penanaman padi dilakukan dengan nuansa penuh kekeluargaan dan kebersamaan dengan harapan ke depan hasil panen padi gogo tersebut dapat bermanfaat untuk kepentingan warga setempat.

Kegiatan lanjutan yang juga tidak kalah menariknya dalam kegiatan penanaman padi tersebut yaitu tradisi “Megibung atau Makan Bersama” dimana seluruh warga masyarakat termasuk Babinsa melaksanakan makan kuliner atau hidangan yang telah disiapkan dalam wadah daun pisang.

Hal ini memiliki makna bahwa masyarakat bersyukur kepada Sang Pencipta karena musim hujan telah tiba, sehingga warga harus segera menyiapkan lahan garapannya masing-masing untuk menyambut musim tanam Pajale.

Babinsa di samping berperanan penting dalam menjaga stabilitas keamanan masyarakat di desa binaannya juga memiliki andil yang sangat besar dalam merawat dan menjunjung tinggi kearifan lokal (local wisdom) khususnya tradisi adat dan istiadat yang berlaku dalam wilayah binaannya. (TN)