Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Datangi Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar

TARGETNUSA.COM, Denpasar Bali || RS Bhayangkara Denpasar menerima kedatangan dr. A.A.A. Mas Rani Dewi, Sp.THT-KL, M.Kes dalam rangka verifikasi pertama akreditasi KARS bertempat di ruang rapat RS Bhayangkara, Denpasar. 14-15 /12/ 2018.

Pelaksanaan Survei Verifikasi Perencanaan Perbaikan Strategi (PPS) merupakan tindak lanjut setelah 1 ( satu ) tahun RS Bhayangkara Denpasar mendapat predikat bintang 1 perdana ( program khusus ). Tujuan survei verifikasi adalah untuk memastikan rumah sakit yang telah diakreditasi mempertahankan dan meningkatkan implementasi mutu layanan.

Acara dihadiri oleh AKBP drh. I Ketut Gede Buminjaya mewakili Kabiddokes Polda Bali, Karumkit, Wakarumkit, ketua pokja akreditasi dan seluruh tim akreditasi.

Kegiatan Survei Verifikasi ini dibuka langsung AKBP. dr. I.G.A.A. Diah Yamini D.,Sp.THT-KL selaku Karumkit Bhayangkara Denpasar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ” survei memiliki manfaat penting agar RS selalu memegang komitmen , mempertahankan mutu dengan mengedepankan keselamatan pasien dan bisa terus mengacu pada standar akreditasi KARS yang sudah didapat.

Dijelaskan, Akreditasi KARS harus diakui secara nyata telah merubah budaya rumah sakit menuju perbaikan mutu dan pelayanan dan memberikan pelayanan berdasarkan kepentingan pasien”

Kemudian dilanjutkan dengan telusur 4 dokumen pokja program khusus ( KPS, HPK, PPI, SKP) dan telusur lapangan.

Hari kedua survei tanggal 15 Desember 2018 dilaksanakan bimbingan 6 pokja akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) yaitu ARK, PAB, AP, PAP, PKPO, dan MKE.

Mengakhiri kegiatan dilaksanakan exit conference , dr. A.A.A Mas Rani Dewi ,Sp.THT-KL menyampaikan kesimpulan dari proses verifikasi akreditasi RS Bhayangkara Denpasar secara umum telah menunjukkan upaya peningkatan mutu pelayanan yang signifikan. Melihat semangat dan komitmen staf dan manajemen yang tinggi , beliau mendukung penuh pada RS Bhayangkara Denpasar untuk meningkatkan status akreditasi menuju tingkat selanjutnya pada tahun 2020 .(TN)