Tema Hari Pahlawan 2018 Bermakna Sesuai fitrahnya

Tabanan, TARGETNUSA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018 dilaksanakan Upacara Bendera secara hikmat di Lapangan Umum Alit Saputra Dangin Carik Tabanan.

Bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara ) Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah (Han) Sabtu (10/11).

Upacara yang mengambil tema “Semangat Pahlawan Di Dadaku” ini dikomandani leh Kapten Inf I Made Sudiarcana (Danramil 1619-03/Pupuan) dan Pa Up AKP I Gede Surya (Kabag Humas Polres Tabanan) dihadiri oleh Forkompimda Tabanan diantaranya Bupati Tabanan diwakili Sekda Tabanan Ir. Wirna Ariwangsa, Kapolres Tabanan. diwakili Kapolsek Tabanan Kompol I Gd Made Surya Atmaja Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan, Ketua Pengadilan Negeri Tabanan Ni Made Sukereni Anggota DPRD Tabanan, Para Asisten Pemkab Tabanan, Kepala SKPD Pemkab Tabanan, Para Veteran dan Organisasi Wanita di Kabupaten Tabanan serta Jajaran Perwira Rindam, Kodim 1619/Tabanan dan Polres Tabanan.

Adapun Pasukan Upacara yang dilibatkan Peringatan Hari Pahlawan ini terdiri dari  Pasukan bersenjata 1 Kompi (Rindam, Kodim dan Polres) Pasukan Tak Bersenjata 1 Kompi ASN Hansip, Korpri dan Keki Jajaran Pemkab Tabanan, 1 Kompi ASN Korpri Jajaran Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan Kemenag Tabanan, 1 Kompi Non ASN Pemerintah Kabupaten Tabanan, 1 Kompi ASN PGRI Kab. Tabanan, 1 Kompi Siswa/siswi SMA/SMK, 1 Kompi Siswa/Siswi SMP dan 1 Kompi Pramuka, upacara diiringi 1 Satsik Drumb band Pemkab Tabanan.

Dalam amanat yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan, setiap tahun pada  Tanggal 10 November Bangsa Indonesia nemperingati Hari Pahlawan Untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya.

Pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah Bangsa Indonesia nenyatakan kemerdekaannya.

Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik yang kita laksanakan juga dilaksanakan di seluruh Indonesia yang intinya bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan dan mempertebal rasa cinta tanah air serta meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa.

Tema hari pahlawan tahun 2018 mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Oleh karenaya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan di sekitar, bangsa dan negara.

Ahakekat setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir untuk berjuang. Oleh karenanya hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan, mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh saat ini.

Selesai upacara dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan Sembako secara simbolis oleh Dandim 1619/Tabanan, Ketua Pengadilan dan Sekda kepada para veteran. Bantuan yang diserahkan tersebut merupakan uluran tangan dari Ketua Korps Menwa Provinsi Bali Bagus Ngurah Rai yang diantarka ke Makodim 1619/Tabanan Jumat kemarin (09/11).

Penyerahan Sembako kepada para veteran kali ini merupakan bantuan dari Resimen Mahasiswa Ugracena (Menwa) Propinsi Bali kepada Para Veteran dan Kodim 1619/Tabanan diminta untuk memfasilitasi,” ucap Dandim. (TARGET)