Kodim Gianyar Uji Prosedur Tetap Bahaya Kebakaran

TARGETNUSA.COM,Gianyar || Kodim 1616/Gianyar melaksanakan latihan uji prosedur tetap (Protap) penanggulangan kebakaran sebagai upaya menumbuhkan kesiapsiagaan prajurit terhadap musibah yang terjadi, khususnya bahaya kebakaran.

Kegitan uji Protap tersebut dilaksanakan Jumat pagi (09/11) bertempat di Lapangan Makodim 1616/Gianyar

Pada kesempatan latihan tersebut Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Asep Noer Rokhmat menjelaskan bahwa Protap bahaya kebakaran yang disiapkan oleh satuan Kodim 1616/Gianyar harus terus terpelihara dengan baik sehingga apabila terjadi musibah kebakaran para Prajurit tidak akan bingung dan panik harus tahu siapa berbuat apanya.

Menurut Dandim, sarana dan prasarana untuk mendukung hal tersebut seperti tabung pemadam, bak pasir, karung basah, air dan lain-lainnya juga harus dipelihara dan ditempatkan di satu lokasi yang mudah untuk dijangkau.

“Sesuai Protap yang berlaku, kami taruh dekat kantor Piket sehingga apabila terjadi kebakaran akan lebih mudah dan cepat menggunakannya”, ungkap Dandim.

Latihan uji Protap ini langsung mendapatkan peninjauan dan pengawasan dari Perwira Seksi Latihan Staf Operasi Korem 163/Wira Satya Mayor Inf Suparno Hadi beserta 2 orang Stafnya.

Sementara pelaksanaan latihan tersebut diikuti oleh Anggota Kodim 1616/Gianyar di bawah arahan Pasi Ops Kapten Inf Gede Astawa.

Menurut Pasi Ops Kapten Inf I Gede Astawa, simulasi latihan diperumpamakan terjadi kebakaran pada bangunan Ruang Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXV Kodim 1616/Gianyar yang diketahui oleh Perwira Piket Kodim 1616/Gianyar dilanjutkan memukul lonceng alarm sehingga anggota Makodim 1616/Gianyar keluar dari kantor staf dan segera berupaya memadamkan api dengan air, karung basah dan Firotect sehingga api dapat dijinak dengan cepat.

Dengan pelatihan uji Protap yang intens maka seluruh personel akan lebih cekatan serta terampil. Tentunya juga yang lebih penting adalah kita jangan sampai dihadapkan pada bencana apapun termasuk oleh bahaya kebakaran. Semua bisa aman bila dalam setiap kegiatan kita tetap dilandasi dengan tindakan keamanan pula. (Target)