Kodim 1611 Badung Ajak Masyarakat Desa Adat Darmasaba Bersih-Bersih Dan Tanam Pohon

TARGETNUSA.COM, Mangupura – Pura Dalem Desa Adat Darmasaba, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung, menjadi lokasi kegiatan Karya Bakti TNI pembersihan tempat ibadah dan penanaman pohon yang melibatkan Desa Adat Abiansemal, Polsek, Kecamatan, Desa, anak sekolah dan warga sekitar. Jumat (28/09).

Diselenggarakannya kegiatan tersebut dalam rangka HUT Ke 73 Tentara Nasional Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan sikap gotong royong, memupuk rasa kerjasama di lingkungan masyarakat dan sedapat mungkin memanfaatkan lingkungan untuk menanami tanaman yang produktif yang suatu saat nanti dapat dimanfaatkan, semisal untuk kepentingan upacara keagamaan dan yang lainnya.

Kegiatan pembersihan tempat ibadah dan penanaman pohon sekitar area Pura Dalem Desa Adat Darmasaba dan sepanjang jalan menuju Pura Dalem ini melibatkan sebanyak 400 orang diantaranya Para Danramil, Perwira Staf Kodim 1611/Badung, Kapolsek Abiansemal beserta anggota, Camat Abiansemal beserta staf, Kepala UPT Disdik Kecamatan Abiansemal beserta staf, Perbekel Deaa Darmasaba beserta staf, Sekaa Teruna Teruni Desa Adat Darmasaba, Anggota Kodim 1611/Badung, Para Guru dan Siswa-siswi SDN 7 Darmasaba, Masyarakat Desa Adat Darmasaba.

Dalam kesempatan tersebut Kasdim 1611/Badung Mayor Inf Arianto, S.Ag., mewakili Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo, S.E., menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta karya bhakti TNI pembersihan tempat ibadah dan penghijauan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Karya Bhakti TNI pembersihan tempat ibadah dan penghijauan yang dilaksanakan kali ini selain merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Ke 73 TNI di wilayah Kodim 1611/Badung, yang dilaksanakan secara tersebar dan dengan melibatkan anggota Koramil jajaran Kodim 1611/Badung yang dihadiri pula oleh Polsek Abiansemal, Camat Abiansemal serta komponen masyarakat, sehingga akan terjalin sinergitas yang positif, juga dimaksudkan dengan tujuan sebagai upaya untuk saling mengenal sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan dan keakraban serta semangat gotong royong untuk menciptakan lingkungan yang indah, bersih dan sehat.

Sementara itu Pasiter Kodim 1611/Badung Lettu Inf I Wayan Sudana menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembersihan dan penanaman 500 pohon diantaranya Pohon Cempaka, Majegau, Cendana, Durian, Manggis, Alpukat, Rambutan, Lengkeng dan Mangga di sekitar areal Pura dan jalan masuk menuju Pura Dalem Desa Adat Darmasaba.

“Adapun sasaran yang dikerjakan saat kegiatan karya bakti pembersihan tempat ibadah dan penanaman pohon ini yaitu dengan membersihkan sampah organik maupun non organik dan membabat rumput liar yang tumbuh di area Pura maupun jalan sepanjang menuju Pura serta menanam pohon yang bermanfaat seperti bunga-bungaan dan buah-buahan yang nantinya dapat dimanfaatkan.

Bendesa Adat Darmasaba I Made Suardana sangat senang dan sangat berterimakasih kepada Kodim 1611/Badung beserta jajaran karena sudah membantu masyarakat khususnya Desa Adat Darmasaba untuk ikut serta dalam pembersihan areal Pura dan membantu penanaman pohon yang bermanfaat bagi warga.

Ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada pihak TNI juga disampaikan oleh Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya S.Sos., atas kerjasama dan turut serta membantu dalam kegiatan tersebut. Hal tersebut merupakan motivasi dan sebuah spirit mental bagi masyarakat khususnya bagi Desa Adat Darmasaba guna menumbuhkan, semangat gotong royong, kedisiplinan dan cinta lingkungan. (Target)