Adakan Syukuran Atas Rampungnya GWK

TargetNusa.Com, Bali –  Pembangunan patung setinggi 75 meter  Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang menghabiskan 3000 ton tembaga atau setara dengan 25000 lembar tembaga memakan waktu 28 tahun akhinya terselesaikan juga.

Pembuatan patung yang diklaim melebihi dari  tingginya patung Liberty yang berada di Amerika oleh kreator I Nyoman Nuarta, telah berdiri lengkap dan langsung digelar syukuran, Sabtu 4 Agustus 2018 yang bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.

“Bali terwakili dari tiga negara yang punya ikon Garuda. Tapi Bali punya gambaran Garuda yang khas dari candi Trowulan,” jelas Nyoman Nuarta, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Patung tersebut sekaligus menjadi patung terbesar dan paling unik yang dibuat oleh manusia perpaduan antara seni, teknologi dan science.

Syukuran juga dimeriahkan oleh pertunjukan seni yang bertajuk Swadharma Ning Pertiwi.

Sementara, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan, meski mengalami pasang surut dalam pembangunan ‘patung suci’ Garuda Wisnu, namun akhirnya dapat terwujud.

Ide Pembuatan Patung GWK ini muncul dari dari pemahat asal Bali I Nyoman Nuarta bersama Joop Ave Menteri Pariwisata era Presiden Soeharto

“Sesuatu yang baik dan suci pasti akan ada tangan baik yang mewujudkan, dan nantinya
akan banyak hal yang akan tergali dari landmark Indonesia, khususnya Bali ini,” ujar Made Mangku Pastika. (Target)