Tumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan Bela Negara

TargetNusa.Com,Jembrana – Kegiatan sasaran non fisik TMMD Ke 102 Kodim 1617/Jembrana semakin variatif. Jumat malam (21/07), bertempat di Balai Adat Sandat Banjar Dauh Marga, Desa Delod Brawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Satgas TMMD Ke 102 Kodim 1617/Jembrana menggelar sosialisasi dan penyuluhan tentang bela negara serta cinta tanah air.

Wadan Satgas TMMD Mayor Inf Ngakan Made Marjana yang memimpin kegiatan ini mengungkapkan kegiatan penyuluhan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat serta lebih memahami tentang bela negara dan cinta tanah air, seperti apa yang sudah tercantum dalam Pasal 30 UUD 1945.

Dalam penyuluhan tentang bela negara dan cinta tanah air materi disampaikan oleh Pasiter Kodim 1617/Jembrana Kapten Chb. Drs. Karyanto.

Pasiter menjelaskan pengertian bela negara sebagai sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Pemahaman bela negara dan cinta tanah air perlu ditanamkan kepada seluruh warga negara, sehingga mereka akan memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme untuk membela bangsa dan negara dari upaya yang dapat merongrong keutuhan NKRI.

Masyarakat Desa Delod Brawah dan juga Mahasiswa KKN Undiksa yang hadir begitu antusias dalam mengikuti sosialisasi tersebut, menyimak dengan seksama materi-materi yang disampaikan oleh narasumber.

Perbekel (Kepala Desa) Delod Brawah I Made Retana mengatakan bahwa dengan mendapatkan penyuluhan bela negara dan cinta tanah air diharapkan dapat menumbuhkan jiwa Pancasialisme serta siap membela bangsa dan negara dari berbagai ancaman serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa. (Target)